Rabu, 02 Mei 2018

Memasang Hauppauge! WinTV 7231 DVB-T mini PCI-E di Laptop Acer Aspire 4520

Selepas sholat Isya', saya penasaran dengan Hauppauge! WinTV 7231 DVB-T mini PCI-E yang pernah saya order di Tokopedia setahun yang lalu. Awalnya mau saya pasang di laptop HP EliteBook 2510P tapi ternyata laptop HP punya whitelist di BIOS-nya yang memperbolehkan hanya kartu mini PCI-E buatan HP yang bisa digunakan dilaptop tersebut.

mini PCI-E yang masih terisi WiFi card

Akhirnya pilihan pemasangan jatuh di laptop Acer Aspire 4520 dimana laptop lama tersebut hanya memiliki satu mini PCI-E yang dipakai oleh WLAN 802.11bg, akhirnya saya ganti kartu WLAN tersebut dengan kartu DVB-T, dimana antena MAIN saya tancapkan ke port antena di kartu DVB-T tersebut.
 
mini PCI-E diganti dengan Hauppauge! WinTV 7231 card
Kemudian laptop dinyalakan, kartu terdeteksi meminta driver untuk Windows XP. Disinilah perjuangan baru dimulai, ternyata mencari driver kartu tersebut sangatlah susah, karena kebanyakan driver yang beredar untuk Windows 7 dan 8 64-bit! Dengan penuh kesabaran berburu driver, akhirnya menemukan driver tersebut disalah satu website dan setelah proses mengunduh hampir selesai, ternyata driver tersebut dicurigai mengandung virus dan langsung dihapus oleh antivirus McAfee. McAfee saya matikan dan mengunduh ulang lagi driver tersebut dan ternyata driver tersebut terbayar dengan lancarnya pemasangan driver di Windows XP meskipun laptop saya kemasukan virus akibat mematikan antivirus.

Setelah driver terpasang, muncul perjuangan baru, yaitu mencari aplikasi pemutar TV milik Hauppauge! dan mencari lagi akhirnya ketemu aplikasi WinTV 7 milik Hauppauge! Perjuangan dimulai kembali karena memasang aplikasi WinTV 7 ini harus mempunyai CD originalnya!!! Tetapi pemasangan aplikasi menawarkan registrasi secara online agar proses pemasangan dapat dilanjutkan, akhirnya saya menggunakan opsi registrasi online tersebut agar aplikasi WinTV 7 dapat terpasang dan menguji DVB-T tersebut

Proses pencarian sinyal TV analog

Akhirnya siaran TV muncul, tapi kurang bagus karena kondisi wilayah yang kurang bagus

Untuk driver diunduh disini dan aplikasi Hauppauge! WinTV 7231 DVB-T disini serta untuk melewati proses pengecekan CD aplikasi WinTV original dapat diunduh disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar