Minggu, 27 Mei 2018

Memasang Ubuntu Linux Tanpa Partitioning HDD Menggunakan Wubi

LINUX... Pertama kali yang terlintas dipikiran adalah sistem operasi yang rumit dalam pemasangannya dan beresiko kehilangan data kalau salah partisi. Traumatis memang, karena pada kelas 3 SMU (tahun 1999), pernah mencoba memasang Caldera OpenLinux 2.2 ke komputer jangkrik AMD Athlon XP saya berakhir dengan kehilangan 8 GB data saya yang dikarenakan salah klik memilih "Entire Partition" sewaktu partisi HDD karena bahasa Inggris saya masih belum begitu mahir 😂😂😂.

Pernah juga pada tahun 2010-an memasang Ubuntu Linux yang sudah begitu baik tampilan GUI-nya maupun kemudahan pemasangan dari LiveCD-nya pada laptop Acer Aspire AS4520 dan berjalan dengan baik, tetapi harus mempartisi HDD secara manual melalui aplikasi installer di LiveCD.

Saat ini, Canonical (Distro pembuat Linux Ubuntu) membuat sebuah aplikasi yang bernama WUBI (Windows UBuntu Installer) yang memberi kemudahan untuk memasang Linux pada partisi OS Windows tanpa harus mempartisi HDD lagi dan kita bisa menentukan berapa besar partisi yang akan digunakan untuk OS Ubuntu Linux ini. Pada dasarnya, WUBI ini akan membikin sebuah file image yang akan digunakan untuk operasional OS Ubuntu Linux dan mengubah bootloader Windows agar ada pilihan untuk booting ke file image tadi. Berikut ini langkah-langkah untuk memasang OS Ubuntu Linux menggunakan WUBI:

1. Unduh file Wubi ini atau dapat mengunduh versi terbaru disini.
2. Buka file Ubuntu-Wubi.zip ke suatu folder, maka ada dua file exe bernama wubi16044r329.exe dan wubi1804r331-r.exe. File wubi16044r329.exe ini adalah versi terakhir yang mendukung OS Ubuntu 32-bit sedangkan file wubi1804r331-r.exe merupakan file terbaru yang mendukung OS Ubuntu 64-bit.
3. Unduh file ISO Ubuntu disini, Xubuntu disini, Lubuntu disini.
4. Setelah ISO Ubuntu/Xubuntu/Lubuntu diunduh, tempatkan satu folder dengan file exe hasil pembukaan Ubuntu-Wubi.zip tadi.
5. Jalankan salah satu file exe tadi (ingat wubi16044r329.exe mendukung OS Ubuntu 32-bit sedangkan wubi1804r331-r.exe mendukung OS Ubuntu 64-bit).
Penulis menggunakan Xubuntu versi 18.04 64-bit
6. Pilih letak file image pada Drive instalasi, tentukan ukuran file image pada Ukuran instalasi, pilih bahasa yang digunakan selama instalasi pada Bahasa, jangan lupa set Nama pengguna dan Kata sandi. Jangan sampai lupa nama pengguna dan kata sandi, kalau sampai lupa anda TIDAK DAPAT MASUK ke dalam OS Ubuntu dan harus memasang ulang kembali.
7. Tunggu proses penyalinan file ISO dan proses pemasangan.
Tampilan proses pemasangan OS Xubuntu pada OS Windows
Proses extracting kernel untuk persiapan reboot ke partisi Linux
8. Pilih "Reboot now" dan tekan tombol "Finish" untuk booting untuk melanjutkan proses pemasangan pada partsisi Linux.
Pilih "Reboot now" untuk melanjutkan proses pemasangan
9. Proses pemasangan dilanjutkan di file image yang berisi OS Ubuntu Linux.

Proses pemasangan di file image Ubuntu Linux
10. Setelah proses pemasangan selesai, maka komputer akan reboot lagi. Setelah ini ada tampilan tambahan untuk booting ke OS Ubuntu Linux pada bootloader OS Windows.

Tampilan bootloader OS Windows yang mendapatkan tambahan OS Ubuntu Linux

NB: Pastikan pada "Startup dan Recovery" pilihan "Time to display list of operating systems" harus dicentang, bila tidak dicentang, maka pilihan untuk booting ke OS Ubuntu Linux tidak akan tampil ketika komputer startup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar