Selasa, 08 Mei 2018

Peningkatan Unjuk Kerja Laptop HP EliteBook 2510p

Berbicara tentang laptop lama yang handal, saya punya laptop HP seri EliteBook 2510p 12" yang teramat bandel, hanya batre saja yang sudah kalah. Masalah performa, laptop ini joss dengan segala kekurangannya menurut saya pribadi, yaitu:
1. Laptop ini menggunakan HDD jenis ZIF Drive 1.8" seperti yang dipakai oleh iPod Classic dengan kapasitas 80GB dan harga HDD jenis ini teramat mahal untuk versi teratas 120GB.
2. Slot RAM hanya satu tetapi jumlah maksimal RAM yang didukung adalah 4GB, dan harga RAM 4GB DDR2 SODIMM harganya teramat mahal juga dibandingan 2GB x 2 keping RAM.

Kedua permasalahan itulah yang saya hadapi sekarang ini agar laptop ini dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi MATLAB maupun Android SDK yang membutuhkan RAM minimal 4GB untuk keperluan sekolah dan penghematan daripada membeli laptop baru lagi. Solusi untuk permasalahan nomor 1 ini tidak ada alternatif lain, yaitu harus membeli RAM 4GB DDR2 SODIMM yang satu keping. Sedangkan untuk permasalahan nomor 2 ini, ada dua alternatif, yaitu:
1. Mengganti HDD ZIF dengan converter mSATA to ZIF 1.8" dan membeli SSD jenis mSATA untuk dipasangkan ke converter ini.
2. Mengganti DVD Drive dengan HDD Caddy IDE to SATA yang bertipe 9.5mm dan yang dikhususkan untuk HP Elitebook 2510p atau Compaq NC2400.

Saya putuskan pada tanggal 28 Maret 2018, saya memesan converter mSATA to ZIF 1.8" dan HDD Caddy IDE to SATA 9.5mm khusus HP Elitebook 2510p maupun RAM 4GB DDR2 SODIMM di id.aliexpress.com.

Siang tadi, RAM 4GB DDR2 SODIMM merek MLLSE (buatan China) tapi RAM chip menggunakan punya Samsung, selesai pulang kerja langsung saya pasang ke laptop HP EliteBook 2510p ini maupun saya tes ke Acer Aspire 4520 saya dan ternyata keduanya mendukung RAM ini. Selain itu HDD caddy yang saya pesan juga datang. Berikut ini foto pemasangan RAM:


Buka baut penutup kompartemen RAM

RAM 4GB sudah duduk manis di slot RAM.

RAM 4GB terdeteksi di BIOS laptop HP EliteBook 2510p

Terdeteksi bahwa IC chip buatan Samsung


RAM 4GB ini berjalan dengan baik dan belum ditemukan kendala maupun masalah. Berikut ini foto pemasangan HDD caddy ini:

Buka baut pengunci DVD drive dengan menggunakan obeng Torx

Tarik keluar DVD drive yang lama

Pindah pengunci dari drive lama ke caddy

HDD 2.5" SATA 500GB dipasangkan ke caddy kemudian masukkan caddy ke drive yang lama

Ketika laptop dinyalakan, keluar pesan error pada Disk Controller dan komputer tidak bisa booting

Pemasangan caddy berhasil, tetapi laptop tidak mendukung penggunaan caddy dengan menampilkan pesan "Disk Controller Failure-Run Startup Check" serta HDD internal (ZIF drive) dimatikan oleh laptop, jadi yang bisa digunakan hanya HDD di caddy. Ketika HDD di caddy dilepas kemudian caddy dipasangkan kembali, laptop juga blank. Kesimpulan sementara, laptop tidak mendukung caddy mungkin dikarenakan adanya proteksi pada BIOS laptop yang tidak memperolehkan penggunaan HDD lain.

Jika dikemudian hari saya berhasil memasang caddy ini, maka tulisan ini akan saya perbarui lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar