Rabu, 13 Mei 2020

Unboxing dan Review Gadmei USB TV Stick 380

Kali ini penulis baru meninjau Gadmei USB TV Stick 380, karena penulis dipendidikan butuh TV untuk melihat berita, tetapi untuk membeli sebuah TV harganya hampir sejuta yang termurah bisa jadi pemborosan. Ketika browsing di Shopee, penulis menemukan barang ini seharga 165rb, ya lumayan worth it dengan harga segitu. Langsung saja penulis pesan Gadmei USB TV Stick 380 ini dan baru tiba tadi sore, langsung saja penulis tinjau.

Tampilan Kotak Kemasan Gadmei USB TV Stick 380

Isi Dalam Kotak Kemasan Adalah USB TV Stick, Antena, Remote, Capture, CD Driver, Kabel Perpanjangan dan Kartu Petunjuk dan Garansi

Isi didalam kemasan penjualan adalah USB TV Stick itu sendiri, antena, Remote Control, Capture RCA, CD driver, kabel perpanjangan USB, kartu petunjuk dan garansi.

Selanjutnya penulis menguji perangkat ini dilaptop penulis yang menggunakan prosesor AMD E1 (kelas Ekonomi hehehe) dan OS Windows 8.1.

Pada Kemasan Penjualan Diklaim Support Windows 10
Dibagian samping kotak kemasan terdapat tulisan mendukung Windows 10 karena ada logo Windows 10, tetapi penulis tidak dapat mencoba driver yang ada di CD driver karena DVD-ROM dilaptop penulis sudah rusak.

Penulis mengunduh aplikasi bawaan Gadmei USB TV Stick 380 ini yang bernama TVHome Media 3 dari internet dan langsung memasang dilaptop penulis, ketika menancapkan USB TV Stick ini di USB port tidak terjadi masalah dan lancar dalam pemasangan driver-nya. Masalah terjadi ketika MENYALAKAN aplikasi TVHome Media 3 dan laptop LANGSUNG CRASH!!! Ternyata aplikasi TVHome Media 3 ini tidak mendukung Windows 8.1. Setelah penulis mencari jawaban diinternet, ada beberapa solusi, yaitu:

1. Menjalankan compatibility mode Windows 7 diaplikasi TVHome Media 3 (belum penulis coba).
2. Menggunakan aplikasi TV lain, semisal BlazeVideo HDTV Player atau PotPlayer.

Penulis akhirnya mencoba alternatif kedua, yaitu mencari dan mencoba aplikasi BlazeVideo HDTV Player yang ternyata berbayar tetapi penulis berhasil mendapatkan crack-nya hehehe..

Cara Menyetel di BlazeVideo HDTV Player Adalah Klik Tombol TV, Pilih Analog TV: USB TV Device

Setelah aplikasi BlazeVideo HDTV Player terpasang dan ter-crack, maka penulis jalankan aplikasi ini. Selanjutnya lakukan langkah dibawah ini:

1. Pasang driver USB TV Device terlebih dahulu dengan mengunduh disini.
2. Klik tombol TV kemudian pilih Analog TV: USB TV Device.
3. Pilih TV Tuner, kemudian tekan tombol OK.
4. Bila kanal masih kosong, maka akan muncul tampilan untuk memilih radio button Antenna, pilih negara Indonesia dan pilih standar PAL-D dan tekan tombol OK.
5. Lakukan Channel Scan untuk medapatkan siaran televisi, bila selesai, maka kanal tersebut bisa disimpan.

Demikian tinjauan singkat penulis tentang Gadmei USB TV Stick 380, meskipun barang ini sudah usang tetapi masih berguna untuk menonton TV analog dilaptop atau komputer menggunakan USB sampai saat ini. Yang menjadi masalah adalah, dengan semakin bertambahnya versi Windows, maka aplikasi bawaan dari Gadmei USB TV Stick 380 semakin tidak didukung oleh Windows terbaru.

Untuk berkas-berkas yang diperlukan untuk menggunakan Gadmei USB TV Stick 380 dapat diunduh disini.

Semoga tinjauan singkat ini berguna bagi anda yang ingin melihat TV dilaptop ataupun sudah punya perangkat ini tetapi terkendala menggunakannya di Windows versi terbaru... Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar