Minggu, 09 Oktober 2022

Jajanan si Charade CX

Si Charade Ditarik ke Bengkel
Si Charade Ditarik ke Bengkel
Hampir dua bulan ini si Charade CX berada dibengkel.. Berawal dari ketika dipakai dari Bogor ke Jakarta, si Charade  mogok karena overhead dijalan Tol arah keluar ke Cempaka Putih karena tangki plastik reservoir radiator bocor. Setelah penulsi isi air, sampai didepan Hotel C'One Cempaka Putih mogok lagi dan ternyata selang karet radiator sobek. Setelah penulis perbaiki selang ini, si Charade menolak hidup sama sekali!!!

Akhirnya si Charade ditarik pakai mobil kijang menuju ke tempat tinggal. Setelah itu penulis mencari bengkel dan setelah dicek, si Charade benar-benar menolak hidup! Kecurigaan awal adalah Dinamo Stater sudah lemah, kemudan sama pihak bengkel diganti copotan tetapi kondisi masih bagus. Coba dihidupkan kembali tetap menolak dan setelah dicoba oleh teknisi disimpulkan bahwa piston-nya lengket karena kena overhead tersebut.

Cek Dinamo Stater
Cek Dinamo Stater
Si Charade pun dibawa ke bengkel didaerah Senin dilantai 8, dan banyak ditemukan permasalahan akibat pemilik lama kurang merawat, yaitu:

Pertama, setelah mesin diturunkan dan dibersihkan, ada serpihan kayu yang masuk ke dalam mesin dan menyebabkan piston macet! Setelah dicek, ternyata tempat "gigi nanas" untuk speedometer tidak ada dan pemilik lama menutupnya menggunakan kayu! Dan ujung dari kayu inilah yang akhirnya masuk kedalam mesin.

Setel Karbu
Setel Karbu
Kedua, karburator untuk choke-nya diikat pakai kawat! Makanya sebelum kejadian mesin mati ini, penulis merasakan mesin kurang stabil. Karburator pun akhirnay disetel ulang dan ganti packing nya karena terlihat adanya bensin yang merembes.

Ketiga, banyak kabel-kabel yang bersliweran tidak jelas didalam kap mesin, akhirnya penulis meminta bengkel untuk merapikan perkabelannya.

Kabel Handbrake Putus
Kabel Handbrake Putus

Belanja Kabel Handbrake dan Rem Set
Belanja Kabel Handbrake dan Rem Set
Keempat, handbrake tidak berjalan dengan semestinya, setelah dicek ternyata kabel handbrake putus dan karet-karet ren cakram serta kampasnya habis! Pantesan ketika penulis bawa si Charade ini, pas ngerem kok mobil masih ngeloyor cenderung kearah kanan. Penulis ke bengkel minta agar semua diperbaiki dan diganti dengan yang baru.

Speaker Belakang Pakai Carman BSE-6981
Speaker Belakang Pakai Carman BSE-6981
Kelima, speaker oval yang ada dibelakang tempat duduk belakang tidak ada! Akhirnya penulis belikan merek Carman BSE-6981 seharga Rp. 175.750,- di Shopee.

Headrest Orisinil Daihatsu Charade CX
Headrest Orisinil Daihatsu Charade CX
Keenam, sandaran kepala (headrest) bukan orisinilnya, akhirnya penulis carikan yang copotan dapat dengan harga Rp. 225.000,- (termasuk ongkir) digrup facebook, namanya "jual beli mobil sperpat daihatsu charade" dan nama agan penjualnya yang amanah si Mashudi Boncel.

Berhubung si Charade masuk bengkel, sekalian saja penulis tambahkan fitur Central Lock supaya memudahkan ketika keluar masuk mobil ketia bersama keluarga.

Adapun total "jajanan" si Charade adalah Rp. 5.300.750,- dengan rincian:
  1. Dinamo Starter + jasa pasang Rp. 1.200.000,-
  2. Turun mesin dan ongkos kerja keseluruhan Rp. 1.300.000,-
  3. Setel Karburator beserta packing-nya Rp. 250.000,-
  4. Urut perkabelan Rp. 500.000,-
  5. Ganti kabel handbrake dan rem set Rp. 1.000.000,-
  6. Pasang central lock Rp. 300.000,-
  7. Ganti packing mesin + oli mesin Rp. 350.000,-
  8. Speaker Carman BSE-6981 Rp. 175.750,-
  9. Sandaran kepala copotan orisinil Rp. 225.000,-
Daan penantian hampir dua bulan ini tiba, si Charade jam 14.03 tadi sudah berada ditangan penulis kembali hehehe.. So, resiko beli mobil seken yaaaa seperti ini, siapkan dana minimal 5 juta untuk membenahinya.. Jadi jangan segan untuk menawar mobil seken semurah-murahnya, karena kita tidak tahu penyakit apa saja yang tidak kelihatan dan juga bagaimana track record bengkel tempat perawatan mobil tersebut, apakah betulan bengkel yang mampu mengganti atau mencarikan spare part alternatif atau bengkel yang Abunawas alias pandai mengakali segala sesuatunya yang akhirnya berdampak buruk dikemudian hari..

Tampilan Sasis Kiri Harus Dilas Karena Keropos
Tampilan Sasis Kiri Harus Dilas Karena Keropos
Disini penulis bukan menghujat para penjual mobil, tetapi hanya menuangkan pengalaman pribadi dalam merawat si Charade CX ini.. Sampai saat ini penulis masih berjuang mencari "gigi nanas" untuk menghidupkan speedometer dan stir orisinal yang kondisinya oke serta mau las body sebelah kiri yang sudah keropos..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar