Kamis, 06 April 2023

Mengganti Hand Grip Plafon si Daihatsu Charade CX

Hand Grip Plafon si Charade Sudah Uzur
Hand Grip Plafon si Charade Sudah Uzur
Melihat kondisi hand grip plafon (pegangan tangan diatas pintu) si Daihatsu Charade CX yang warnanya sudah kusam, pudar dan bulukan, maka penulis berkeinginan untuk mengganti dengan yang baru. Akhirnya penulis mencari hand grip plafon di Shopee dan menemukan produk generic (umum) yang biasa dipakai mobil sejuta umat +62, yaitu milik Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Kalau memakai punya Toyota Kijang lama, kurang rapi karena ditempat lubang sekrup tidak ada penutupnya. Langsung saja penulis pesan hand grip plafon warna hitam peruntukan mobil sejuta umat dengan harga berkisar Rp. 8.000,- s.d. Rp. 15.000,-/buah.

Jarak Kedua Lubang Hand Grip Plafon si Charade Sebesar 16cm
Jarak Kedua Lubang Hand Grip Plafon si Charade Sebesar 16cm

Jarak Kedua Lubang Hand Grip Plafon si Charade Sebesar 16cm
Jarak Kedua Lubang Hand Grip Plafon si Charade Sebesar 16cm
Setelah tiba, penulis langsung pasang diplafon si Charade. Satu sekrup masuk ketempatnya, begitu masukkan sekrup kedua, eh ternyata tidak presisi. Setelah penulis cek, ternyata jarak antara kedua lubang sekrup hand grip plafon milik si Charade beda dengan milik Xenia/Avanza, dimana jarak kedua lubang hand grip plafon di Xenia/Avanza berjarak 14,5cm, sedangkan si Charade berjarak 16cm.

Hand Grip Plafon Daihatsu Xenia atau Toyota Avanza
Hand Grip Plafon Daihatsu Xenia atau Toyota Avanza

Jarak Kedua Lubang Hand Grip Plafon Xenia/Avanza Sebesar 14,5cm
Jarak Kedua Lubang Hand Grip Plafon Xenia/Avanza Sebesar 14,5cm
Bagaimana solusinya? Gampang saja, tinggal buat lubang baru disamping lubang asli hand grip plafon Xenia/Avanza tadi dan pastikan jarak kedua lubang yang baru sebesar 16cm.

Jarak Kedua Lubang Baru Hand Grip Plafon Sebesar 16cm
Jarak Kedua Lubang Baru Hand Grip Plafon Sebesar 16cm
Setelah hand grip plafon dilubangi dengan jarak sebesar 16cm, jangan lupa strip plastik dikedua tutup lubang baut dihilangkan menggunakan solder atau obeng minus yang dipanasi. Strip plastik ini apabila tidak dihilangkan maka akan menjadi penghalang sehingga tidak dapat menutupi kedua baut.

Semoga cara ini bermanfaat bagi anda sekalian yang ingin mengganti sendiri hand grip plafon Daihatsu Charade CX anda yang saat ini sangat susah mencari barunya, adapun yang copotan dengan konsekuensi harga mahal (kecuali anda benar-benar hobi dengan orisinilan). Cara ini mungkin juga bisa digunakan untuk kendaraan lain.. Selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar