|
Pengerjaan Pengelasan Keropos Oleh Pak Haji |
Sekarang penulis baru memiliki waktu untuk mengelas keropos yang ada dimobil
Daihatsu Charade CX milik penulis. Adapun keropos yang penulis amati dimobil ini sebagai berikut:
- Bagian sasis kaki kiri depan (paling parah).
- Bagian leher saluran bensin yang menempel dibadan mobil.
- Bagian spakbor belakang kanan dan kiri.
Pengerjaan mengelas ini penulis percayakan ke bengkel las Pak Haji didaerah Jalan Kramat III karena mendapatkan rekomendasi dari bengkel mobil di Pasar Senen. Si Charade CX masuk dibengkel hari Minggu tanggal 26 Maret kemarin dan perkiraan selesai hari Rabu tanggal 29 Maret dengan biaya total sebesar Rp. 1.500.000,-. Pak Haji meminta penulis datang setiap hari untuk melihat hasil pengerjaannya, ternyata hari Senin tanggal 27 Maret penulis sambangi kesana dan sudah terlihat hasilnya..
Pertama, keropos dibagian sasi kaki kiri depan. Keropos dibagian ini sangatlah parah, kata Pak Haji, sasi ini pernah dilas juga sebelumnya tetapi kurang bagus pengerjaannya. Bahkan ketika dibongkar dan diketok keroposnya, eh penulis melihat sendiri bahwa ada lubang keropos yang ditutup dengan gumpalan koran kemudian ditambahkan dempul terus dicat. Menurut Pak Haji, pelakunya adalah tukang cat mobil ketika pemilik mobil sebelumnya mengecatkan mobil ini. Dari foto ini dapat dilihat bahwa keroposnya sangat parah, bahkan bila tidak hati-hati ketika melewati jalan berlubang, maka dikhawatirkan bisa patah sasis.
|
Keropos Disasis Kaki Kiri Depan |
|
Keropos Disasis Kaki Kiri Depan |
|
Hasil Las Keropos Disasis Kaki Kiri Depan |
|
Hasil Las Keropos Disasis Kaki Kiri Depan |
|
Hasil Las Keropos Disasis Kaki Kiri Depan |
Kedua, keropos dibagian leher saluran bensin yang menempel dibadan mobil.
|
Hasil Las Keropos Dileher Saluran Bensin |
Ketiga, keropos dibagian spakbor belakang kanan dan kiri.
|
Hasil Las Keropos Dispakbor Kanan Belakang |
|
Hasil Las Keropos Dispakbor Kiri Belakang |
Hasil peninjauan hasil pengerjaan las keropos oleh Pak Haji ini menurut penulis pribadi BIASA SAJA dan KURANG HALUS PENGERJAANNYA karena tidak dirapikan/diratakan, sehingga cocok untuk pengerjaan las kelas kendaraan "angkot" dimana hasilnya ini tidak bagus jika ingin dipakai sebagai body repairing untuk restorasi kendaraan anda. Lumayan lah kalau hanya sekedar untuk "menambal" lubang saja..
Semoga kejadian ini akan menjadikan penulis dan pembaca sekalian untuk lebih teliti lagi bila membeli mobil seken terutama dalam mengecek kondisi sasis kendaraan secara keseluruhan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar