Minggu, 09 Juli 2023

Pasang Amplifier Lepy LP-838 di Daihatsu Charade CX G100

Tampilan Iklan Power Amplifier Lepy LP-838
Tampilan Iklan Power Amplifier Lepy LP-838
Sudah sekitar 2 minggu ini si Dahatsu Charade CX G100 "bisu" alias tape-nya tidak mengeluarkan suara alunan musik! Ternyata power amplifer-nya rusak yang kemungkinan besar "dimakan" si tikus nakal. Awalnya penulis bingung apabila harus membeli power amplifer baru dikarenakan harganya itu lhoo...

Ketika pulang ke Malang, penulis menyempatkan diri membongkar gudang, karena seingat penulis pernah memiliki power amplifier kecil merek Lepy LP-838 serta Lepy HY-2001. Awalnya penulis ragu ketika melihat spesifikasi power amplifer Lepy LP-838 ini dikarenakan hanya memiliki kekuatan daya sebesar 15 Watt x 2 dan 20 Watt, apakah mampu "mengangkat"  pasive subwoofer 12"ditambah dengan 3 buah oval speaker? Ketika penulis coba langsung, ternyata jawabannya adalah MAMPU! Penulis juga cukup terkejut juga, ternyata power amplifer kecil ini mampu mengangkat konfigurasi speaker milik penulis ini!

Ketika semua kabel speaker sudah terangkai dengan baik di power amplifier dan uji coba menggunakan masukan jack 3.5mm dan lagu melalui ponsel, saatnya uji coba menggunakan masukan RCA dimana keluaran dari android tape CADILI 10" penulis rubah dari kabel ke keluaran RCA. Daaannn, disinilah masalah terjadi, speaker TIDAK MENGELUARKAN SUARA SAMA SEKALI! Untuk menemukan solusi dari masalah ini, penulis membutuhkan waktu sekitar 10 menitan, itu pun secara tidak sengaja penulis menemukannya.

Masukan RCA ke Amplifier Lepy LP-838 Hanya Butuh Jalur Positif Keluaran Speaker
Masukan RCA ke Amplifier Lepy LP-838 Hanya Butuh Jalur Positif Keluaran Speaker
Jadi secara kebetulan, ketika kabel positif keluaran speaker penulis sentuhkan ke sisi dalam lubang masukan RCA di power amplifier Lepy LP-838 tiba-tiba speaker mengeluarkan suara, apabila kabel negatif keluaran speaker disentuhkan ke sisi luar lubang, maka suara langsung MATI! Entah kenapa bisa begitu ya? Disinilah penulis baru mengerti, ternyata kelistrikan DC dimobil bisa berbeda dengan kelistrikan pada umumnya. Kemungkinan besar karena jalur negatif speaker pada tape dan power amplifer sama-sama menjadi satu tersambung ke badan mobil, jadinya hanya jalur positif saja yang digunakan. Ketika menggunakan speaker yang tidak tersambung ke power amplifier, tetap saja kabel positif dan negatif dari keluaran tape tersebut disambungkan ke kutub positif dan negatif speaker.

Power amplifier ini memiliki saluran tersendiri untuk Super Bass, yaitu khusus digunakan untuk subwoofer speaker, tetapi setelah penulis coba, ternyata saluran super bass ini sangat kecil efek nada bass-nya ke subwoofer dimana meskipun sudah dimaksimalkan putaran volume-nya, tetap saja suaranya kecil dan besar-kecilnya suara nada bass mengikuti dari masukan suara. Jadi subwoofer penulis sambungkan juga dengan jalur speaker lainnya sehingga nada bass dapat diatur sesuai keinginan.. daannn, jadilah suara musik dimobil penulis bisa mantab! Tidak kalah sama sound system mobil yang muahal lhoo..

Tampilan Android Tape CADILI 10" Bersanding Power Amplifer Lepy LP-838
Tampilan Android Tape CADILI 10" Bersanding Power Amplifer Lepy LP-838
Setelah terpecahkan masalah tersebut, langsung saja penulis rapikan pemasangan tape dan power amplifier. Bahkan setelah mencopot power amplifier yang lama, penulis lakukan uji coba lagi dan lagi, jangan sampai ada permasalahan baru lagi.

Semoga tulisan singkat ini berguna bagi anda sekalian yang mau mengganti power amplifer yang bermasalah dimobil anda, tetapi terbatas oleh budget yang ada.. Pastikan terlebih dahulu bahwa power amplifer yang penulis gunakan ini dapat "mengangkat" konfigurasi speaker didalam mobil anda.. Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar