Senin, 31 Juli 2023

Proyek Jukebox Made it Myself

Tampilan Ujicoba Pemasangan Perangkat Yang Dibutuhkan
Tampilan Ujicoba Pemasangan Perangkat Yang Dibutuhkan
Melihat ada tape mobil ukuran 7" merek CLASSIC CL-MP5-007AV, dua buah speaker ukuran 5" merek ROADSTAR, antena mobil merek DAMOND CT-100 yang menganggur dan sisa plitur warna merah, terlintas ide untuk membuat sendiri jukebox daripada membeli speaker pemutar MP3 yang ada dipasaran. Hanya membutuhkan kayu triplek ukuran 9mm (menurut penulis sudah cukup sih), engsel yang bisa dicopot, serta anak kunci disertai dengan niatan kun fayakun maka jadilah jukebox ini.

Proyek jukebox ini dimulai sekitar 4 Juli 2023 ketika penulis pulang ke Malang. Disana penulis membuat blueprint dari jukebox case ini, dengan memotong triplek melubangi triplek untuk tape 7". Sedangkan lubang speaker dan finishing penulis lakukan di Jakarta.

Pengetesan Awal Ketika Semuanya Dirangkai
Pengetesan Awal Ketika Semuanya Dirangkai
Tanggal 30 Juli 2023, setelah selesai diplitur, pemasangan engsel lepas dan anak kunci, maka penulis rangkai secara utuh dan dan ujicoba, ternyata tape dan speaker bekerja dengan baik.

Rangkaian Pengkabelan Jukebox
Rangkaian Pengkabelan Jukebox
Rangkaian pengkabelan di jukebox ini sangatlah sederhana, hanya kabel keluaran suara dari tape ke speaker serta kabel masukan daya tape yang disambungkan ke DC jack yang selanjutnya disambungkan ke adaptor luar. Penggunaan adaptor DC luar untuk memudahkan perbaikan dibandingkan adaptor DC ditaruh didalam jukebox. Adaptor DC luar menggunakan tegangan 12V dan arus sebesar 3A.

Tampilan Jukebox Dengan Antena Radio Mobil
Tampilan Jukebox Dengan Antena Radio Mobil
Saatnya pengujian secara live (langsung) dikantor dan suaranya lumayan sih, karena menggunakan speaker jenis 2-Way, dimana untuk nada bass harus diatur dari equalizer di-tape.. Kalau ingin langsung keluar nada bass harus menggunakan speaker jenis 3-Way, karena speaker ini memiliki keunggulan dalam hal kejernihan dan nada suara yang dihasilkan lebih akurat.

Enaknya menggunakan tape mobil sebagai jukebox adalah bisa digunakan untuk memutar musik maupun pilem, tapi itu juga tergantung kemampuan dari tape itu sendiri.. Jadi jukebox bisa dikustom kemampuannya sesuai keinginan sendiri.. Tape merek CLASSIC yang penulis gunakan ini mendukung pilem MP4 dengan codec H.264/AVC maksimal FullHD (1080p) tetapi TIDAK MENDUKUNG subtitle bentuk SRT.

Semoga tulisan singkat ini dapat membantu para pembaca sekalian dalam menginspirasi membuat jukebox sendiri.. Bahkan anda dapat memanfaatkan tape deck rumahan kuno (merek Sony, Aiwa, dll) dimana casette player-nya diganti dengan tape mobil untuk menghemat tenaga dan waktu daripada anda capek membuat jukebox case secara manual .. Selamat mencoba membuat jukebox sendiri..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar