Sabtu, 08 Juli 2023

Mencari Baut Kotak Tuas Persneling Daihatsu Charade CX G100

Tampilan Baut Ukuran 12 Terpasang di Belakang (Kiri) dan 14 di Depan (Kanan)
Tampilan Baut Ukuran 12 Terpasang di Belakang (Kiri) dan 14 di Depan (Kanan)
Penulis baru menyadari bahwa kotak tuas persneling Daihatsu Charade CX G100 milik penulis menggunakan baut yang ukurannya tidak tepat! Pantas saja ketika dipakai mengoper gigi, rasanya kotak persneling ikutan "naik". Usut punya usut, kemungkinan besar pemilik sebelumnya pernah perbaikan atau ketika si Charade minta jajanan saat itu tukangnya kehilangan/lupa bautnya sehingga diganti oleh baut sekadarnya saja.

Setelah penulis cek dengan seksama, ternyata baut yang digunakan adalah ulir (drat) kasar dengan ukuran 12 untuk bagian belakang sedangkan bagian depan menggunakan ukuran 14. Ketika penulis pulang ke Surabaya, penulis menyempatkan mampir ke toko baut dan mur yang menurut penulis hampir lengkap, yakni di RjSTEEL.

Tampilan Baut Ukuran 12 Panjang 0,75"
Tampilan Baut Ukuran 12 Panjang 0,75"

Tampilan Baut Ukuran 14 Panjang 0,75"
Tampilan Baut Ukuran 14 Panjang 0,75"
Harga baut ukuran 12 dengan panjang 0,75" adalah Rp. 6.818,-/kemasan sedangkan untuk baut ukuran 14 harganya Rp. 10.000,-/kemasan, keduanya berisi 20 buah mur.

Sebenarnya bisa juga menggunakan baut rivet (baut dari plastik), cuman kualitas rivet yang beredar dipasaran menurut penulis sangat jelek, karena mudah rusak (dol) terkena obeng besi.

Semoga tulisan singkat ini dapat membantu para pembaca sekalian dalam mencari baut yang pas digunakan pada kotak tuas persneling anda.. Selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar