Kamis, 22 Juni 2023

Unboxing dan Review Tape Mobil Layar Sentuh 1 DIN 7 Inch Merek CADILI

Tampilan Iklan Tape Layar Sentuh CADILI 7" 1 DIN
Tampilan Iklan Tape Layar Sentuh CADILI 7" 1 DIN
Selesai meng-upgrade tape si Daihatsu Charade CX G100, sekarang giliran tape si Volvo yang di-upgrade biar tidak iri hehehehe... Karena si Volvo rongga tape-nya hanya 1 DIN (sebenarnya bisa 2 DIN dengan cara melepas cigarette lighter dan tempat koin). Sebenarya tape ini sudah lama penulis incar, hanya butuh kesabaran menunggu waktu yang tepat untuk mendapatkan diskon hehehe, akhirnya penulis mendapatkan tape layar sentuh dengan merek CADILI yang memiliki ukuran layar sebesar 7" ukuran 1 DIN dengan harga Rp. 311.200,- di Shopee. Langsung saja tape ini penulis pesan dan baru bisa penulis uji hari Rabu dan penulis pasang hari Kamis ini. Tanpa panjang lebar, langsung saja penulis ulas tape ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Kotak Kemasan Tape Layar Sentuh CADILI 7"
Tampilan Kotak Kemasan Tape Layar Sentuh CADILI 7"
Setelah pesanan sampai ditangan penulis, kotak kemasan yang digunakan hanyalah kardus polos berwarna coklat tanpa ada nama atau merek tape, sama seperti waktu penulis membeli tape Android CADILI 10".

Tampilan Kotak Kemasan Tape Layar Sentuh CADILI 7" Ketika Dibuka
Tampilan Kotak Kemasan Tape Layar Sentuh CADILI 7" Ketika Dibuka
Pengemasan produk tape layar sentuh CADILI 7" sangatlah sederhana, kabel-kabel dibungkus menggunakan kemasan plastik bening menjadi satu dnegan buku petunjuk penggunaan, tape-nya hanya dibungkus plastik berwarna putih dan diberi pengaman gabus kedua sisi dan bagian layar. Disini, bracket lebih bagus sedikit karena juga dibungkus menggunakan plastik, beda dengan tape CADILI 10" yang hanya diselipkan digabus tanpa pembungkus.

Tampilan Kelengkapan Isi Tape Layar Sentuh CADILI 7"
Tampilan Kelengkapan Isi Tape Layar Sentuh CADILI 7"
Tape layar sentuh CADILI 7" merupakan kemasan OEM saja, tidak ada kardus resmi pabrikan bermerek CADILI. Dalam kemasan ini berisi tape layar sentuh CADILI 7", kabel-kabel yang diperlukan untuk pemasangan, sepasang bracket, dua buah remote (untuk disetir [left handed drive] dan biasa), buku petunjuk penggunaan.

Tampilan Depan Tape Layar Sentuh CADILI 7"
Tampilan Depan Tape Layar Sentuh CADILI 7"
Bagian depan dari tape layar sentuh CADILI 7" ini sederhana, disebelah kiri layar 7 inci terdapat lubang microphone, lubang tombol reset (mungkin digunakan kalau tape tiba-tiba hang hehehe) serta tombol sentuh power, vol+ dan vol-,  port USB (HANYA UNTUK CHARGE SAJA), jack 3.5mm untuk masukan suara, port USB normal dan sensor inframerah. Layar dilapisi tahan gores saja, bukan tempered glass.

Tampilan Belakang Tape Layar Sentuh CADILI 7"
Tampilan Belakang Tape Layar Sentuh CADILI 7"
Sedangkan bagian belakangnya hanyalah socket untuk power dan speaker (sama seperti yang digunakan oleh tape KKLUSB 4022D), jack 3.5mm untuk masukan suara, RCA untuk masukan suara, dua buah RCA untuk keluaran video, dua buah RCA untuk masukan video (atas) dan masukan kamera mundur (bawah) dan jack antena radio.

Tampilan Sisi Samping Kiri Tape Layar Sentuh CADILI 7"
Tampilan Sisi Samping Kiri Tape Layar Sentuh CADILI 7"
Sedangkan bagian sisi samping (kebetulan yang penulis foto hanya sebelah kiri) hanyalah terlihat layar menonjol sekitar 3cm-an, jadi tape ini dipasang dirongga 2 DIN bisa masuk pas, kalau dipasang dirongga 1 DIN maka akan terlihat layar menonjol keluar.


.: PENGUJIAN :.

Pada pengujian awal tape ini, penulis menggunakan adaptor 12V, menyambungkan kabel power dari tape bertuliskan ACC (warna merah), B+ (warna kuning), ILL (warna jingga/oranye) ke POSITIF (+) serta kabel GND (warna hitam) ke NEGATIF (-). Kemudian sambungkan adaptor ke stop kontak listrik daaaannn tape langsung menyala.

Tampilan Layar Tape Layar Sentuh CADILI 7" Pertama Kali Menyala
Tampilan Layar Tape Layar Sentuh CADILI 7" Pertama Kali Menyala
Ketika tape ini menyala, menampilkan logo HD MP5, dan booting sangat cepat dari pertama muncul logo sampai masuk ke modus radio membutuhkan waktu sekitar 5 detik!

Tampilan Awal Layar Tape Layar Sentuh CADILI 7" Yaitu Modus Radio
Tampilan Awal Layar Tape Layar Sentuh CADILI 7" Yaitu Modus Radio
Secara default, tampilan awal dari tape ini adalah langsung masuk ke modus radio. Bisa mengagetkan lhoo kalau amplifier diset kencang hehehe..

Tampilan Homescreen Tape Layar Sentuh CADILI 7"
Tampilan Homescreen Tape Layar Sentuh CADILI 7"
Untuk masuk ke homescreen dari modus radio tadi, tekan tombol Home bergambar Rumah (dipojok kiri atas) atau tekan tombol Back bergambar Panah kembali (pojok kanan atas).

Tampilan Pemutar Lagu Tape Layar Sentuh CADILI 7"
Tampilan Pemutar Lagu Tape Layar Sentuh CADILI 7"
Penulis menguji tape ini menggunakan kartu microSD yang disambungkan ke card reader mini dan penulis tancapkan ke port USB yang berada dibawah karena yang atas hanya digunakan untuk charger saja. Ketika penulis tancapkan microSD tersebut ke port USB, tape secara otomatis langsung mendeteksi isinya, kebetulan berkas yang pertama penulis isikan adalah berkas lagu, maka tape secara otomatis langsung menjalankan pemutar lagu.

Tampilan Penjelajah Berkas di Tape Layar Sentuh CADILI 7"
Tampilan Penjelajah Berkas di Tape Layar Sentuh CADILI 7"
Kalau dimodus pemutar lagu, terus kita tekan tombol Back maka akan secara otomatis akan menampilkan penjelajah berkas (Explorer). Berkas yang dapat dijelajahi adalah lagu, pilem dan foto saja.

Tampilan Penjelajah Berkas Pilem di Tape Layar Sentuh CADILI 7"
Tampilan Penjelajah Berkas Pilem di Tape Layar Sentuh CADILI 7"

Ketika memainkan pilem, tape ini penulis coba memainkan resolusi 1920x1080 (FHD) dan berjalan dengan mulus serta mendukung subtitle berformat SRT terpisah maupun tergabung didalam berkas MP4 atau MKV. Pilem yang penulis buat uji coba menggunakan H.264 (AVC) untuk video dan AAC untuk audio-nya.

Tampilan Menu Bawah Pemutar Pilem di Tape Layar Sentuh CADILI 7"
Tampilan Menu Bawah Pemutar Pilem di Tape Layar Sentuh CADILI 7"
Ketika memutar pilem, maka pilem ditampilkan secara utuh (fullscreen), untuk menampilkan menu "bawah", cukup sentuh layar bagian bawah maka akan muncul menu Back (memutar pilem sebelumnya), Play/Pause, Next (memutar pilem selanjutnya), Repeat, Program, dan ke layar lainnya.

Tampilan Menu Atas Pemutar Pilem di Tape Layar Sentuh CADILI 7"
Tampilan Menu Atas Pemutar Pilem di Tape Layar Sentuh CADILI 7"
Untuk menampilkan menu "atas", cukup sentuh layar bagian atas maka akan muncul menu Home (ke homescreen), Volume (mengatur tinggi rendah suara), Brightness (mengatur tingkat kecerahan layar), Back (kembali ke penjelajah berkas), dan menu Slider (untuk memajukan atau memundurkan pilem) yang terdapat juga tombol Back, Play/Pause dan Next.

Tampilan Setelan Steer di Tape Layar Sentuh CADILI 7"
Tampilan Setelan Steer di Tape Layar Sentuh CADILI 7"
Dialam menu setelan, terdapat juga menu untuk steer, dimana tape ini juga mendukung audio steering control yang terdapat disetir kendaraan.

Tampilan Tape Layar Sentuh CADILI 7" Terpasang di Volvo 740 GLE
Tampilan Tape Layar Sentuh CADILI 7" Terpasang di Volvo 740 GLE
Akhirnya, tape ini terpasang di Volvo 740 GLE dan berfungsi dengan baik. Cuman masih kurang rapi pemasangannya, nanti akan penulis rapikan lagi karena banyak yang harus dilakukan agar tape terlihat rapi di-dashboard.


.: KESIMPULAN :.

Hasil dari pengujian yang penulis lakukan ke tape layar sentuh CADILI 7" ini dapat penulis katakan RECOMMENDED, karena sangat cocok digunakan dimobil yang hanya memiliki rongga 1 DIN tapi ingin menggunakan tape dengan ukuran layar yang lebar, serta memiliki harga yang "ringan" dengan fitur "lumayan" dan praktis tampilannya. Untuk kualitas suara, penulis kira sama saja, tergantung dari kualitas speaker ataupun audio system yang anda gunakan dikendaraan.

Akhir kata, bila anda mencari tape ukuran 1 DIN yang memiliki layar 7" (resolusi 800 x 480), memiliki fitur lengkap untuk memutar lagu dan video/pilem kualitas maksimal FHD (1080p) dari perangkat USB, mendukung kamera parkir mundur, serta memiliki video in/out serta audio in/out, maka tape ini dapat menjadi pilihan yang bijak mengingat harganya yang "ramah".

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang masih ragu mencari tape 1 DIN tetapi memiliki ukuran layar yang besar, baik secara harga, kualitas serta fiturnya untuk kendaraan anda..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar