Rabu, 07 Juni 2023

Review Pisau Morakniv Basic 511 (C)

Tampilan Iklan Pisau Morakniv Basic 511 (C)
Tampilan Iklan Pisau Morakniv Basic 511 (C)
Ketika penulis mencari pisau lipat Victorinox di Shopee, eh malah muncul pisau outdoor dengan merek Morakniv dengan harga yang cukup terjangkau. Setelah penulis browsing dilaman resmi Morakniv, ternyata pisau Morakniv ini buatan kota Mora di Swedia sejak tahun 1891 serta menyediakan berbagai macam pisau sesuai dengan peruntukannya, yaitu: outdoor, woodcarving dan construction. Penulis tertarik membeli pisau ini karena ada review yang mengatakan bahwa pisau ini murah, bagus dan sanggup memotong selembar kertas karena ketajamannya..

Tampilan Screenshot Laman Web Pisau Morakniv Basic 511 (C)
Tampilan Screenshot Laman Web Pisau Morakniv Basic 511 (C)
Tipe terendah dari Morakniv ini adalah Basic 511 (C) dimana dijual dengan harga mulai Rp. 140.000,- di Shopee. Spesifikasi lengkap seperti screenshot diatas dapat dilihat disini.


.: TAMPILAN :.

Tampilan Pisau Morakniv Basic 511 (C) Dalam Sarung
Tampilan Pisau Morakniv Basic 511 (C) Dalam Sarung

Tampilan Sisi Depan Pisau Morakniv Basic 511 (C) Terhunus
Tampilan Sisi Depan Pisau Morakniv Basic 511 (C) Terhunus
Tampilan sisi depan pisau Morakniv Basic 511 (C) ini dibagian bilah pisau terukir tulisan MORAKNIV, MADE IN SWEDEN dan CARBON. Tulisan CARBON ini menunjukkan bahwa bahan logam yang digunakan adalah jenis besi karbon (carbon steel) dan tipe inilah yang harganya paling murah.

Tampilan Sisi Belakang Pisau Morakniv Basic 511 (C) Terhunus
Tampilan Sisi Belakang Pisau Morakniv Basic 511 (C) Terhunus
Sedangkan disisi belakang pisau Morakniv Basic 511 (C) dibagian bilah pisau polos, sedangkan disarungnya terdapat tulisan MADE IN SWEDEN serta terdapat stiker bertuliskan Made in Sweden didepan bendera negara Swedia, tulisan Basic 511 (C), tulisan Batch No 146745 serta barcode.

Tampilan Pisau Morakniv Basic 511 (C) Tergenggam
Tampilan Pisau Morakniv Basic 511 (C) Tergenggam
Dengan panjang keseluruhan sekitar 22 cm dengan bobot sekitar 110 gram, maka pisau hampir mirip dengan pisau dapur ukuran kecil. Ketika penulis menggenggam pisau ini, terasa bahwa genggaman sangat pas dengan kontur pegangan pisau ini yang terbuat dari bahan plastik Polyprophene.

Tampilan Sisi Atas Pisau Morakniv Basic 511 (C)
Tampilan Sisi Atas Pisau Morakniv Basic 511 (C)

Tampilan Sisi Atas Pisau Morakniv Basic 511 (C)
Tampilan Sisi Atas Pisau Morakniv Basic 511 (C)
Ketika melihat sisi atas pisau Morakniv Basic 511 (C), disinilah penulis terheran-heran. Kenapa dibagian atas pisau ini finishing pelapisan stainless kok kasar/tidak menyatu antara kedua sisinya? Malah penulis juga berpikiran apakah pisau Morakniv Basic 511 (C) yang dijual ditoko ini barang reject (ditolak karena tidak memenuhi ketentuan dari perusahaan) atau memang carbon steel seperti itu.


.: PENGUJIAN :.

Penulis buktikan sendiri bahwa pisau ini memang beneran tajam dan mampu memotong selembar kertas, hanya saja bagian bilah pisau yang mendekati pegangan tangan kurang tajam. Tetapi hal ini bisa diatasi dengan mengasah bagian yang kurang tajam ini karena bahan baja karbon mudah untuk ditajamkan kembali secara terus-menerus. Untuk daya tahan ketajaman, daya tahan bahan besi karbon serta penggunaan di-outdoor, penulis belum sempat mengujinya.


.: KESIMPULAN :.

Bedasarkan pengujian singkat yang penulis lakukan, pisau ini RECOMMENDED karena dihadapkan dengan harga yang murah, bentuk yang mungil serta ketajaman yang bagus. Sangat disayangkan dibagian atas pisau ini finishing pelapisan stainless-nya tidak menyatu antara sisinya. Entah apakah hanya pisau milik penulis saja yang kebetulan finishing-nya seperti ini. Perlu diingat, sesuai dengan spesifikasi dilaman web Morakniv, pertama, pisau ini memiliki pegangan pisau terbuat dari bahan plastik, jadi tidak tahan api alias jangan digunakan untuk membakar, kedua, bahan baja karbon ini dapat rusak (corrotion) yang diakibatkan oleh kelembaban sehingga jangan lupa untuk membersihkan dan mengolesi dengan minyak setelah menggunakan pisau ini.

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari pisau outdoor dengan harga murah dan bermerek terkenal untuk menjamin kualitas pisau tersebut..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar