Minggu, 18 Juni 2023

Pasang Tape 2 DIN Merek CADILI 10" di Daihatsu Charade CX G100

Tape CADILI 10" Terpasang di Daihatsu Charade CX G100
Tape CADILI 10" Terpasang di Daihatsu Charade CX G100
Akhirnya hari Minggu kemarin penulis selesai memasang tape CADILI 10"ke Daihatsu Charade CX G100 penulis. Karena penulis memasang sendiri tanpa ke teknisi audio maupun bantuan dari orang lain, mungkin dari segi kerapihan pemasangan kurang rapi karena penulis malas membongkar dashboard-nya untuk merapikan kabel antena GPS, kabel untuk cigarette lighter maupun kabel ke STB taffware Bien9.

Bagaimana cara memasang tape CADILI 10" ini ke Daihatsu Charade CX G100? Inilah langkah yang telah penulis lakukan:


1. Modifikasi Bracket.
Hal pertama yang penulis lakukan adalah melepas tape yang lama terus membersihkan hasil modifikasi pemilik sebelumnya.

Tampilan Rongga Tape Setelah Tape Lama Dilepas
Tampilan Rongga Tape Setelah Tape Lama Dilepas

Tampilan Rongga Tape Setelah Dibersihkan
Tampilan Rongga Tape Setelah Dibersihkan
Setelah penulis membersihkan rongga tape dengan menggunakan gergaji besi, cutter dan grinding, selanjutnya penulis mengukur jarak kedua sisi rongga tape dengan lebar heatsink dari tape CADILI 10". Akhirnya kedua bracket penulis modifikasi dengan menekuk masing-masing bracket sepanjang 3cm.

Tampilan Bracket Setelah Ditekuk 3cm
Tampilan Bracket Setelah Ditekuk 3cm

Tampilan Bracket Terpasang di Tape Heatsink
Tampilan Bracket Terpasang di Tape Heatsink
Setelah itu kedua bracket dipasang ke tape heatsink, sehingga tape CADILI 10" siap dipasang ke rongga tape di Daihatsu Charade CX G100.


2. Buat Lubang Baut Dudukan Bracket di Kedua Sisi Rongga Tape.
Hal kedua yang penulis lakukan adalah melakukan pengukuran lubang dari kedua bracket ke kedua sisi rongga tape untuk membuat lubang baut sebagai dudukan bracket.

Tampilan Dudukan Bracket di Sisi Kanan Rongga Tape
Tampilan Dudukan Bracket di Sisi Kanan Rongga Tape
Setelah penulis ukur, penulis membuat lubang untuk dudukan bracket menggunakan mata bor ukuran 5mm. Agar memudahkan dalam pemasangan baut nantinya, penulis menggunakan baut (panjang 25mm jangan yang standar 20mm) dan mur motor Yamaha.


3. Rapikan Kabel di Belakang Tape.
Hal ketiga yang penulis lakukan adalah merapikan kabel keluaran dari tape CADILI 10" ini, karena biar tidak menggantung ataupun mengganggu ketika pemasangannya.

Tampilan Kabel Keluaran Tape CADILI 10" Yang Dirapikan
Tampilan Kabel Keluaran Tape CADILI 10" Yang Dirapikan
Disini kabel penulis rapikan dengan menggunakan spiral cable duct (spiral pembungkus kabel) dan penulis ikat menggunakan kabel ties ke sisi bracket yang menempel di heatsink tape.


Setelah semua langkah diatas penulis lakukan, selanjutnya penulis menghubungkan semua kabel-kabel yang digunakan ke dan dari tape CADILI 10" ini dan siap dipasang ke rongga tape.

Tampilan Penyambungan Kabel Tape Power CADILI 10"
Tampilan Penyambungan Kabel Tape Power CADILI 10"
Sebagai catatan saja, penulis menyambungkan kabel power dari tape bertuliskan ACC (warna merah), B+ (warna kuning), ILL (warna jingga/oranye) ke ACC (+) mobil serta kabel GND (warna hitam) ke NEGATIF (-). Kalau sesuai petunjuk dilembar pemasangan, kabel B+ (warna kuning) harusnya disambungkan ke kabel POSITIF (+) mobil, ternyata setelah penulis sambungkan sesuai petunjuk ini, tape akan dalam kondisi hidup terus meskipun mobil dalam keadaan mati, sisi positifnya bisa menyimpan setelan tanggal dan jam, sisi negatifnya karena mengambil arus/setrum langsung ke aki dan hal ini bisa mengakibatkan AKI TEKOR.

Tampilan Tape CADILI 10" Sudah Terpasang Dengan Rapi
Tampilan Tape CADILI 10" Sudah Terpasang Dengan Rapi

Tampilan Nonton Tom & Jerry FullHD di Tape CADILI 10"
Tampilan Nonton Tom & Jerry FullHD di Tape CADILI 10"
Demikian langkah dan cara pemasangan tape CADILI 10" di Daihatsu Charade CX G100 yang penulis kerjakan sendiri, karena penulis penasaran sekali dan jadi tantangan tersendiri memasang tape dengan ukuran "jumbo" melebihi ukuran standar slot 2 DIN.

Semoga tulisan singkat ini dapat mempermudah anda dalam mengganti tape bawaan mobil anda. Bisa jadi kondisi dashboard mobil anda mungkin berbeda dengan milik penulis. Selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar