Minggu, 11 Juni 2023

Unboxing dan Review Tape Mobil 2 DIN 10 Inch Merek CADILI

Tampilan Iklan Tape CADILI 9"
Tampilan Iklan Tape CADILI 9"
Penulis ingin mengganti tape layar sentuh standar yang ada dimobil Daihatsu Charade CX G100 menjadi tape layar sentuh berbasis Android. Setelah mencari-cari dan menunggu waktu yang tepat untuk mendapatkan diskon hehehe, akhirnya penulis mendapatkan tape layar sentuh dengan merek CADILI yang memiliki ukuran layar sebesar 10", menggunakan sistem operasi Android 12, memiliki RAM sebesar 2GB serta penyimpanan dalam sebesar 32GB dengan harga Rp. 730.000,- di Shopee. Langsung saja tape ini penulis pesan dan baru bisa penulis uji sekarang. Tanpa panjang lebar, langsung saja penulis ulas tape ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Kotak Kemasan Tape CADILI 10"
Tampilan Kotak Kemasan Tape CADILI 10"
Setelah pesanan sampai ditangan penulis, kotak kemasan yang digunakan hanyalah kardus polos berwarna coklat tanpa ada nama atau merek tape.

Tampilan Kotak Kemasan Tape CADILI 10" Ketika Dibuka
Tampilan Kotak Kemasan Tape CADILI 10" Ketika Dibuka
Pengemasan produk tape CADILI 10" sangatlah sederhana, kabel-kabel dibungkus menggunakan kemasan plastik bening, tape-nya hanya dibungkus plastik berwarna putih dan diberi pengaman gabus kedua sisi dan bagian layar. Sedangkan bracket hanya diselipkan digabus saja tanpa dibungkus apapun.

Tampilan Kelengkapan Isi Tape CADILI 10"
Tampilan Kelengkapan Isi Tape CADILI 10"
Tape CADILI 10" merupakan kemasan OEM saja, tidak ada kardus resmi pabrikan bermerek CADILI. Dalam kemasan ini berisi tape CADILI 10", kabel-kabel yang diperlukan untuk pemasangan, sepasang bracket, buku petunjuk penggunaan serta selembar kertas cara pemasangan.

Tampilan Depan Tape CADILI 10"
Tampilan Depan Tape CADILI 10"
Bagian depan dari tape CADILI 10" ini sangat sederhana, disebelah kiri layar 10 inci terdapat lubang microphone, lubang tombol untuk reset (mungkin digunakan kalau tape tiba-tiba hang hehehe) serta tombol sentuh power, home, back, vol+ dan vol-. Layar hanya dilapisi plastik bening saja, tidak diberi antigores ataupun tempered glass.

Tampilan Belakang Tape CADILI 10"
Tampilan Belakang Tape CADILI 10"
Sedangkan bagian belakangnya hanyalah socket untuk power dan speaker, AV IN dan AV OUT, USB, kamera mundur, jack antena radio serta antena GPS.

Tampilan Socket Untuk Power dan Speaker
Tampilan Socket Untuk Power dan Speaker
Socket untuk power dan speaker yang digunakan sudah berbeda jauh dibandingkan tape Android model lama seperti EzoneTronics maupun KKLUSB 4022D yang pernah penulis ulas dan pakai sebelumnya.

Tampilan Selembar Kertas Berisi Cara Pemasangan
Tampilan Selembar Kertas Berisi Cara Pemasangan
Dari selembar kertas yang berisi cara pemasangan tape ini, dapat diketahui bahwa merek asli dari tape ini adalah ESSGOO. Apakah benar mereknya ini? Mari kita uji tape ini..


.: PENGUJIAN :.

Penulis menguji tape ini menggunakan adaptor 12V, menyambungkan kabel power dari tape bertuliskan ACC (warna merah), B+ (warna kuning), ILL (warna jingga/oranye) ke POSITIF (+) serta kabel GND (warna hitam) ke NEGATIF (-). Kemudian sambungkan adaptor ke stop kontak listrik daaaannn kurang lebih 2 detik kemudian tape menyala.

Tampilan Layar Tape CADILI 10" Pertama Kali Menyala
Tampilan Layar Tape CADILI 10" Pertama Kali Menyala


Ketika tape ini menyala, menampilkan logo merek ESSGOO, sesuai dengan yang tertera dilembar kertas cara pemasangan tadi. Untuk booting dari pertama muncul logo sampai masuk ke home screen membutuhkan waktu sekitar 38,19 detik! Wow, lumayan lama juga sih..

Tape ini juga memiliki fitur tangkapan layar (screenshot) layaknya ponsel Android biasa juga lho.. Beberapa tampilan berikut ini penulis gunakan hasil dari fitur tangkapan layar tape ini.

Tampilan Home Screen
Tampilan Home Screen
Tampilan Home Screen menurut penulis termasuk lembut dan bagus, dibandingkan tape Android lama penulis yang ketika pertama dinyalakan pasti secara default masuk ke radio sehingga berisik.

Tampilan System Info
Tampilan System Info
Tentunya penulis ketika pertama kali cek adalah system information dari tape ini, langsung saja penulis tekan tombol berlambang MUR dilayar dan masuk ke System Info. Dapat diketahui bahwa tape ini menggunakan Android 12, ukuran RAM sebesar 2GB dan penyimpanan dalam sebesar 32GB, resolusi layar sebesar 1024x600 serta menggunakan prosesor ARM Quad-core A7 1.5GHz. Sayangnya aplikasi CPU-Z tidak dapat dijalankan di tape ini (entah Android 12 tidak mendukung aplikasi lama atau ada penyebab lainnya), sehingga tidak bisa melihat isi "daleman"-nya.

Tampilan Tentang Perangkat Ini
Tampilan Tentang Perangkat Ini
Ketika masuk ke menu Andoid Settings, maka dapat dilihat bahwa Android 12 yang digunakan oleh tape ini menggunakan kernel versi 4.14.116 yang di-compile pada 16 Pebruari 2023.

Tampilan Kapasitas Penyimpanan Dalam
Tampilan Kapasitas Penyimpanan Dalam
Penulis mengecek juga kapasitas penyimpanan dalam dan ternyata memang benar sesuai klaim, yaitu 32GB dan sudah terpakai sebesar 4.55GB.

Tampilan Dukungan Penyimpanan Luar
Tampilan Dukungan Penyimpanan Luar
Penulis juga mencoba USB on-the-go pada tape ini dan ternyata tape ini mendukung filesystem NTFS secara native sehingga memungkinkan untuk membaca serta menulis ke perangkat penyimpanan yang menggunakan NTFS. Dalam pengujian ini penulis mengunakan USB flashdisk berkapasitas 8GB yang berisi installer Microsoft Windows Vista SP2. Sebagai catatan, selama tape ini hidup, ketika meng-eject USB flashdisk kemudian menancapkan kembali flashdisk tersebut, maka flashdisk tersebut tidak terbaca secara otomatis lho.. Agar flashdisk tersebut dapat terbaca kembali, maka harus di-mount secara manual dengan cara masuk ke Settings->Storage kemudian me-mount flashdisk tersebut.

Tampilan Petunjuk Tentang Device Port
Tampilan Petunjuk Tentang Device Port
Didalam tape ini juga disertakan petunjuk tentang jalur socket yang ada dibelakang tape, mungkin untuk berjaga-jaga apabila selembar kertas berisi cara pemasangan yang disertakan hilang.

Tampilan Audio and Video Socket
Tampilan Audio and Video Socket

Tampilan Power and Audio Socket
Tampilan Power and Audio Socket

Selanjutnya penulis menguji memutar pilem di-tape ini, untuk mengetahui resolusi maksimal video yang didukung oleh tape ini.

Tampilan Memutar Pilem Modus Picture-in-Picture
Tampilan Memutar Pilem Modus Picture-in-Picture
Ketika menjalankan aplikasi Video di-tape ini, maka akan muncul satu video clips bawaan dari tape ini dengan ukuran resolusi 1280x720. Pilem yang diputar juga dapat ditampilkan dalam modus PIP (Picture-in-Picture).

Tampilan Menu Dimodus Picture-in-Picture
Tampilan Menu Dimodus Picture-in-Picture
Untuk mengembalikan lagi ukuran pilem ke modus layar penuh, cukup tekan pilem yang diputar kemudian tekan lambang panah empat penjuru, sedangkan untuk mematikan pemutar video, tekan lambang X. Tekan pilem yang diputar kemudian seret ke arah lain untuk memindahkan posisi PIP ini.

Ternyata tape ini TIDAK MAMPU memutar pilem dengan format AVC (H.264) resolusi 4K (3840x2160) dengan lancar, yang ada pilem tersendat-sendat dengan jeda waktu sekitar 4 detik untuk menjalankan 1 detik pilem ini.

Penulis tidak menguji kemampuan GPS meskipun tersedia di-tape ini, karena penulis menguji tape ini didalam ruangan tidak didalam mobil. Selain itu penulis juga tidak menguji AV IN dan AV OUT karena waktu yang terbatas.


.: KESIMPULAN :.

Hasil dari pengujian yang penulis lakukan ke tape CADILI 10" ini dapat penulis katakan LUMAYAN, karena dengan harga yang "ringan" dengan fitur yang "lumayan" dan memiliki kelemahan TIDAK MENDUKUNG VIDEO 4K (2160p), sangat disayangkan sekali. Apabila tape ini mampu memutar video 4K, penulis berikan recommended. Untuk kualitas suara, penulis kira sama saja, tergantung dari kualitas speaker ataupun audio system yang anda gunakan dikendaraan. Kemungkinan Android 12 yang digunakan adalah versi "custom" alias dimodifikasi dan dipangkas sehingga ada beberapa aplikasi yang tidak dapat dijalankan di-tape ini. Selain itu, dengan tidak adanya colokan USB maupun slot microSD dibagian depan tape ini, maka harus menyediakan tempat lain untuk menempatkan kabel perpanjangan colokan USB ini. 

Akhir kata, bila anda mencari tape ukuran 2 DIN yang memiliki layar 10" (resolusi 1024 x 600) dengan kapasitas RAM 2GB dan penyimpanan dalam 32GB, memiliki fitur lengkap untuk memutar lagu dan video/pilem kualitas maksimal FHD (1080p) dari WiFi dan perangkat USB, mendukung kamera parkir mundur, serta memiliki video in/out serta audio in/out, maka tape ini dapat menjadi pilihan yang bijak mengingat harganya yang "ramah".

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang masih ragu mencari tape Android, baik secara harga, kualitas serta fiturnya untuk kendaraan anda..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar