Selasa, 20 Juni 2023

Isi Minyak Rem DOT 3 di Daihatsu Charade CX G100

Tampilan Tabung Minyak Rem Daihatsu Charade CX G100
Tampilan Tabung Minyak Rem Daihatsu Charade CX G100
Ketika penulis memeriksa kondisi radiator dan minyak rem Daihatsu Charade CX G100, eh minyak remnya hampir kosong!!! Waah, berarti ketika service bulan Oktober 2022 lalu, mungkin ketika menyetel kondisi remnya lupa tidak diisi kembali.

Penulis pun mengecek jenis minyak rem apakah yang digunakan oleh Daihatsu Charade CX G100 yang ternyata menggunakan standar DOT 3 sesuai tulisan dipenutup tabung minyak rem. Pembagian jenis minyak rem berdasarkan standar DOT (Department Of Transport), dimana standar DOT ini berdasarkan titik didih minyak tersebut. DOT 3 mempunyai titik didih minimal 205 C, DOT 4 minimal titik didihnya 230 C. DOT 5 lebih tinggi dari keduanya, bahan bakunya dari silikon yang sulit bercampur dengan air. Tapi sekarang ada lagi minyak rem dengan kode DOT 5.1 dengan bahan glikol eter yang sama seperti DOT 3 dan DOT 4. Perlu diingat, minyak rem DOT 5 yang terbuat dari silikon ini TIDAK BISA DICAMPUR dengan DOT 3, 4, atau 5.1. Minyak rem di atas DOT 3 lebih sering dipakai buat kendaraan kecepatan tinggi dan berkapasitas besar.

Tampilan Depan Botol Minyak Rem DOT 3 Merek REDEX X
Tampilan Depan Botol Minyak Rem DOT 3 Merek REDEX X
Ketika penulis membeli minyak rem jenis DOT 3, ada berbagai macam merek, salah satu yang ditawarkan oleh toko tersebut adalah merek REDEX X. Menurut si penjual, katanya merek ini adalah versi murah dari merek PRESTONE.

Tampilan Belakang Botol Minyak Rem DOT 3 Merek REDEX X
Tampilan Belakang Botol Minyak Rem DOT 3 Merek REDEX X
Penulis coba menbandingkan minyak rem merek REDEX X dan PRESTONE ini sama-sama buatan PT. AUTOCHEM INDUSTRY di Tangerang. Pabrikan ini melisensi merek PRESTONE dari USA dan merek REDEX X dari UK. Secara harga untuk ukuran 1000 ml, kedua merek terpaut Rp. 15.000,- lebih mahal merek PRESTONE (merek REDEX harganya Rp. 60.000,-). Menurut penulis, lebih hemat membeli langsung 1000 ml (ukuran 300 ml harganya Rp. 20.000,-), karena bisa digunakan untuk cadangan serta dapat digunakan untuk mobil lainnya. Sedangkan untuk minyak rem yang digunakan oleh Daihatsu, untuk kapasitas 300 ml seharga Rp. 40.000,- ditoko ini, sedangkan di Shopee seharga Rp. 22.500,-.

Semoga tulisan singkat ini dapat memberikan info dan rujukan bagi anda untuk membeli minyak rem dengan harga yang lumayan tidak menguras kantong. Selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar