Jumat, 05 April 2024

Unboxing dan Review Scissors Folding Lock System

Tampilan Kemasan Scissors Folding Lock System
Tampilan Kemasan Scissors Folding Lock System
Tanpa sengaja ketika penulis mencari gunting lipat di Tokopedia selain Huohou Mini Multi-tool HU0140 muncul juga merek OEM dengan nama Scissors Folding Lock System seharga Rp. 185.000,-. Tanpa pikir panjang lagi, penulis langung membelinya apalagi mendapat diskon sebesar Rp. 20.000,- sehingga menjadi Rp. 165.000,-.

Hasil pencarian penulis mengenai bahan material besi baja apakah yang dipakai oleh gunting lipat ini, terjawab  dikotak kemasannya, yaitu bahan baja Stainless Steel (umum dipakai oleh produk Cina), sepertinya sih 2CR atau 3CR. Sore ini penulis baru sempat mengujinya, langsung saja kita ulas gunting lipat ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Isi Kemasan Scissors Folding Lock System
Tampilan Isi Kemasan Scissors Folding Lock System
Pengemasan gunting lipat ini sederhana, gunting lipat dibungkus plastik bening dan dimasukkan kedalam sheath (sarung) baru dikemas kedalam kotak kemasan berwarna coklat. Penulis tidak menemukan merek apapun digunting lipat ini, karena produk OEM. Penulis berasumsi pasti produk ini buatan Grand Harvest Industrial karena banyak model OEM yang dibuat oleh perusahaan ini mirip dengan produk-produk dari Huohou dan NexTool. Pegangan gunting lipat ini terbuat dari besi dilapis plastik hitam. Ketika pertama kali membuka, penulis temukan ada sedikit minyak yang dioleskan ke gunting lipat untuk menjaga kelancaran dalam penggunaannya.

Tampilan Scissors Folding Lock System Terlipat Berukuran 10,6cm
Tampilan Scissors Folding Lock System Terlipat Berukuran 10,6cm

Tampilan Scissors Folding Lock System Terbuka Berukuran 17cm
Tampilan Scissors Folding Lock System Terbuka Berukuran 17cm

Tampilan Depan Scissors Folding Lock System
Tampilan Depan Scissors Folding Lock System

Tampilan Belakang Scissors Folding Lock System
Tampilan Belakang Scissors Folding Lock System

Tampilan Depan Kepala Gunting Scissors Folding Lock System
Tampilan Depan Kepala Gunting Scissors Folding Lock System

Tampilan Belakang Kepala Gunting Scissors Folding Lock System
Tampilan Belakang Kepala Gunting Scissors Folding Lock System
Bagian kepala gunting terdapat pin pengaman yang digunakan ketika melipat kepala gunting, mata pisau gunting tetap tertutup rapat. Selain itu dibagian engsel pegangan kepala gunting terdapat pengaman model geser untuk agar gunting tidak terlipat apabila sedang digunakan.

Tampilan Mekanisme Penguncian Scissors Folding Lock System
Tampilan Mekanisme Penguncian Scissors Folding Lock System
Mekanisme penguncian pun diterapkan dibagian tool, sehingga untuk membuka maupun melipat tool yang digunakan harus menekan mekanisme penguncian terlebih dahulu.

Tampilan Mata Pisau Scissors Folding Lock System Berukuran 5,5cm
Tampilan Mata Pisau Scissors Folding Lock System Berukuran 5,5cm


Secara keseluruhan, penampilan fisik dari gunting lipat ini sangat bagus dari segi kualitas serta kerapihan dalam pembuatannya. Selain itu mekanisme penguncian untuk keamanan dalam penggunaan maupun penyimpanan gunting lipat ini sangatlah bagus.


.: PENGUJIAN :.

Namanya juga gunting lipat yang ada pisaunya, langsung saja penulis uji ketajaman pisau yang disematkan. Pisau yang disematkan berukuran 5,5cm. Penulis gunakan untuk mensayat selembar kertas biasa dengan lembut dari pangkal mata pisau sampai ke ujung mata pisau, ternyata hanya mampu menyayat kertas sekitar 1mm-an saja! Kalau diberi sedikiit saja tenaga, barulah bisa menyayat kertas sekitar 2,1cm-an saja dan pisau ini tajam dari pertengahan sampai ujungnya. Jangan khawatir, mata pisau masih bisa kok dipertajam lagi..


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian singkat yang telah penulis lakukan, gunting lipat Scissor Folding Lock System ini dapat penulis simpulkan bahwa pisau lipat ini VERY VERY RECOMMENDED untuk dibeli, dikarenakan kualitas besi baja yang digunakan bagus serta proses pembuatannya rapih, setara dengan produk besutan Houhou, NexTool maupun Roxon. Gunting lipat ini bisa menjadi alternatif dikarenakan harganya yang lebih murah daripada ketiga produk tadi, tetapi tidak mengorbankan kualitas dan yang terpenting adalah mekanisme pengamanannya sangatlah bagus.

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari gunting lipat dengan kualitas diatas harganya yang budget friendly..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar