Selasa, 20 Agustus 2024

Unboxing dan Review Tablet Modio M30

Tampilan Kemasan Modio M30
Tampilan Kemasan Modio M30
Pertama kali penulis tahu tablet besutan Modio ketika mengisi paket data disalah satu counter pengisian pulsa di Mingy Street, Naqoura, Lebanon. Waktu itu, penulis melihat tablet Modio M28, dimana spesifikasinya menurut penulis sangatlah gahar dengan hanya seharga USD $75 saja! Penulis mencari tahu, produk ini sebenarnya berasal darimana dan setelah bertanya ke mbah Google, penulis mendapatkan jawabannya, yakni perusahaan Modio ini berasal dari negara United Arab Emirates karena domain alamat laman web-nya .ae. Penulis pun melihat-lihat produk besutan perusahaan ini dan penulis jatuh cinta ke produk Modio M30 dikarenakan bonusnya yang lebih bagus daripada tipe lainnya. Produk ini sepertinya hanya dipasarkan diwilayah Timur Tengah dan sekitaran Afrika saja, karena penulis tidak menemukan ada yang menjualnya di Indonesia.

Penulis pun memburu tablet Modio M30 ini, dimulai dengan menanyakan satu-persatu setiap toko ponsel di kota Tyre, Lebanon dan ternyata tidak ada satupun menjual produk ini, kebanyakan menjual Modio M28. Mereka bilang produk Modio ini JELEK dan mereka tidak berani memberikan garansi. Penulis tidak patah semangat dalam memburu produk ini dan menemukan titik terang bahwa toko Classic Phone menjual produk ini dengan harga USD $75 (seharga Rp. 1.164.225,-). Daann seperti penulis duga, toko ini juga tidak memberikan garansi terhadap produk ini! Langsung saja penulis boyong dan ulas tablet ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Buka Kemasan Modio M30
Tampilan Buka Kemasan Modio M30

Tampilan Isi Kemasan Modio M30
Tampilan Isi Kemasan Modio M30
Tablet ini dikemas sangat bagus, yaitu: tablet dibungkus menggunakan plastik dove dan ditaruh ditatakan; case dan keyboard dibungkus plastik bening; charger, kabel cas, pena, bonus speaker dan earphone dimasukkan dalam kotak putih; USB OTG, tali gantungan, lembar petunjuk penggunaan dan kartu garansi ditaruh dibawah tatakan. Semuanya dikemas ke dalam kotak kemasan berwarna dasar putih glossy bergambarkan tablet ini serta tulisan modio M30.

Tampilan Depan Modio M30 Ketika Dinyalakan
Tampilan Depan Modio M30 Ketika Dinyalakan
Penulis coba menghidupkan tablet ini dan inilah tampilan layar dari tablet ini. Tablet ini sudah menggunakan port USB Type-C untuk pengecasannya lho..

Tampilan Belakang Modio M30
Tampilan Belakang Modio M30
Bagian belakang tablet ini terbuat dari aluminium dan terdapat 3 buah kamera (biar terlihat keren mirip produk besutan Apple kali), tetapi hanya 1 kamera saja yang berfungsi hehehe..

Tampilan Mengenai Modio M30
Tampilan Mengenai Modio M30

Tampilan Mengenai Modio M30
Tampilan Mengenai Modio M30
Tampilan mengenai tablet ini menunjukkan bahwa tablet ini bernama M30 dan terlihat versi 8GB RAM dan 512GB Storage.

Tampilan Setelan Modio M30
Tampilan Setelan Modio M30
Setelan memperlihatkan bahwa tablet ini memiliki kapasitas 8GB RAM dan 512GB Storage. Tapi apakah beneran segitu?

Tampilan Detil Versi Android Modio M30
Tampilan Detil Versi Android Modio M30
Tablet ini menggunakan Android 12 dengan pembaruan terakhir 5 Nopember 2021 dengan  kernel versi 4.9.188 tertanggal 25 Oktober 2023.


.: PENGUJIAN :.

Sekilas dari spesifikasi yang tercantum dikotak kemasan, tablet ini sangatlah gahar. Mari kita lihat bersama, apakah benar tablet murah ini benar-benar segahar spec-nya?

Tampilan Spesifikasi Modio M30 di Aplikasi CPU-Z 1.43
Tampilan Spesifikasi Modio M30 di Aplikasi CPU-Z 1.43
Setelah penulis cek menggunakan aplikasi CPU-Z 1.43, terdeteksi bahwa prosesor ditablet ini adalah MediaTek MT6735 yang termasuk dalam kategori rendahan (low-end) besutan tahun 2014 silam (wow, 10 tahun yang lalu!). Secara spesifikasi, prosesor ini hanya mendukung resolusi layar maksimal sebesar 1280x720 sesuai yang tertulis dispesifikasinya. Tetapi tablet ini memiliki RAM sebesar 8GB, tapi entah beneran atau enggak besaran RAM ini..

Tampilan Slot Kartu SIM dan microSD Modio M30
Tampilan Slot Kartu SIM dan microSD Modio M30
Penulis mencoba menguji apakah penggunaan cellular data dapat berjalan baik ditablet ini. Slot untuk kartu SIM dan kartu microSD terletak dibagian atas tablet ini.

Tampilan Operator Touch di Modio M30
Tampilan Operator Touch di Modio M30
Secara spesifikasi, prosesor ini hanya mendukung spesifikasi jaringan 4G LTE CAT-4, tapi entah kenapa Modio berani mengklaim bahwa tablet ini mendukung jaringan 5G. Apa mungkin menggunakan network chip lain yang mendukung 5G ya? Semoga beneran mendukung jaringan 5G.

Tampilan Kapasitas Penyimpanan Dalam Modio M30
Tampilan Kapasitas Penyimpanan Dalam Modio M30
Sekarang menginjak dibagian penyimpanan dalam tablet ini yang diklaim kapasitasnya 512GB. Penulis mengisi penuh penyimpanan dalam tablet ini, dengan cara memindah isi kartu penyimpanan 128GB dari ponsel Infinix Note 10 Pro. Daannn kenyataannya, Modio M30 ini hanya memiliki kapasitas maksimal 128GB, padahal tertulisnya 512GB! Setelah mencapai 128GB langsung muncul peringatan bahwa penyimpanan dalam penuh, dan begitu dicek tertulis bahwa sudah terpakai sebesar 512GB, aneh memang! Entah mungkin ukuran cluster-nya diperbesar atau bagaimana, sehingga waste space-nya jadi lebih besar.


Sekarang pengujian hasil kamera dan penulis hanya menguji didalam ruangan kamar yang diterangi oleh lampu neon. Resolusi kamera depan sebesar 5MP (2560x1920) dan kamera belakang 13MP (4160x3120) sesuai dengan spesifikasi yang tertera. Foto kamera utama hasilnya termasuk bagus, sedangkan kamera depan baik dan terlihat adanya titik-titik pixelate.
Tetapi untuk resolusi perekaman video, kamera depan hanya mampu merekam VGA (640x480) dan kamera belakang hanya mampu merekam 720p (1280x720) saja, sangat disayangkan karena prosesor ini sebenarnya mampu mendukung perekaman video maksimal 1080p (1920x1080). Perekaman kamera utama hasilnya bagus seperti hasil fotonya dengan penggunaan bitrate sebesar 10MBit/s, sedangkan kamera depan baik seperti hasil fotonya dengan penggunaan bitrate sebesar 2300kBit/s dan blurry apabila digunakan untuk merekam gerakan cepat. Hasil foto dan rekaman bisa anda lihat DISINI.


.: KESIMPULAN :.

Dari hasil pengujian singkat, secara keseluruhan unjuk kerja dari tablet Modio M30 ini RECOMMENDED untuk dibeli karena harganya murah, bonus melimpah tetapi dibalik itu semua banyak kekurangnnya, yakni banyak spesifikasinya yang TIDAK SESUAI karena menyesuaikan dengan harga jual. Tablet ini cukup portable dan mumpuni bila hanya untuk mengerjakan pekerjaan kantor sederhana semisal menulis dokumen, browsing maupun mengecek e-mail serta menjalankan permainan kelas ringan, mendengarkan musik ataupun menonton pilem kualitas FullHD.
 
Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang ingin memiliki tablet Android dengan harga terjangkau tetapi masih ragu tentang kualitas dan fitur dari merek Modio ini..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar