Sabtu, 03 Agustus 2024

Unboxing dan Review Singkat Pisau Wood Jewel Nylky Avaus Tuplapuukko

Tampilan Depan Pisau Wood Jewel Nylky Avaus Tuplapuukko
Tampilan Depan Pisau Wood Jewel Nylky Avaus Tuplapuukko
Ketika penulis sempat mampir ke SECWEST PX didaerah Shama, Sud-Lebanon, penulis melihat ada banyak pisau handmade (kerajinan tangan) dari Finlandia yang dijual disana. Salah satunya adalah produk besutan dari Wood Jewel, yang akhirnya penulis tertarik membelinya adalah seri Nylky + Avaus tuplapuukko alias pisau untuk menguliti serta untuk mengiris. Pisau ini adalah yang termurah untuk versi dua buah pisau, yakni seharga €35 (sekitar Rp. 605.290,-) padahal dilaman web resminya seharga €72.

Kalau melihat sekilas, sepertinya bahan baja yang digunakan oleh pisau ini adalah "baja per" (sama seperti pisau Bowie handmade Indonesia yang pernah penulis ulas pada tanggal 17 Mei 2024), dimana bila tidak dicampur dengan chromium maka pisau ini bisa berkarat bila tidak dirawat dengan baik. Karena penulis sempat melihat ada salah satu pisaunya yang berkarat. Mari kita ulas secara singkat saja pisau ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Belakang Pisau Wood Jewel Nylky Avaus Tuplapuukko
Tampilan Belakang Pisau Wood Jewel Nylky Avaus Tuplapuukko

Tampilan Depan Kedua Pisau Wood Jewel Nylky Avaus Tuplapuukko
Tampilan Depan Kedua Pisau Wood Jewel Nylky Avaus Tuplapuukko

Tampilan Belakang Kedua Pisau Wood Jewel Nylky Avaus Tuplapuukko
Tampilan Belakang Kedua Pisau Wood Jewel Nylky Avaus Tuplapuukko
Pisau ini tidak dikemas dalam bentuk apapun, hanya kedua pisau dimasukkan ke dalam sarungnya yang terbuat dari kulit sapi asli. Penulis melihat mata pisaunya terasah sangat mengkilat, tetapi pada batang pisau masih dibiarkan tidak terpoles. Penulis berasumsi kemungkinan besar pisau ini terbuat dari besi baja yang mudah berkarat apabila tidak dirawat dengan baik, yaitu dengan cara diolesi tipis minyak setelah digunakan sebelum disimpan.

Tampilan Belakang Kedua Pisau Wood Jewel Nylky Avaus Tuplapuukko
Tampilan Belakang Kedua Pisau Wood Jewel Nylky Avaus Tuplapuukko

Tampilan Atas Bilah Kedua Pisau Wood Jewel Nylky Avaus Tuplapuukko
Tampilan Atas Bilah Kedua Pisau Wood Jewel Nylky Avaus Tuplapuukko
Biasanya pisau buatan lokal "cacat"-nya adalah kurangnya presisi maupun kelurusan bilah pisau dari ujung mata pisau sampai ujung genggaman. Tetapi dari unit yang penulis beli, baik pisau besar maupun kecil sama-sama lurus.

Tampilan Kedua Pisau Wood Jewel Nylky Avaus Tuplapuukko
Tampilan Kedua Pisau Wood Jewel Nylky Avaus Tuplapuukko
Sepertinya sih pisau ini tidak full tang (besi utuh dari ujung mata pisau sampai ujung genggaman).

Tampilan Dalam Sarung Kedua Pisau Wood Jewel Nylky Avaus Tuplapuukko
Tampilan Dalam Sarung Kedua Pisau Wood Jewel Nylky Avaus Tuplapuukko
Didalam sarung pisau ini terdapat perbedaan, didalam sarung pisau besar ada semacam entah besi/plastik untuk menahan bilah pisau, sedangkan untuk pisau kecil tidak ada penahannya.


.: PENGUJIAN :.

Kedua pisau penulis rasakan sangat pas digenggaman, tetapi harap diperhatikan, pegangan pisau ini terbuat dari kayu yang dihaluskan, kalau terkena air bisa jadi licin lho..

Penulis tidak melakukan pengujian itensif terhadap kedua pisau ini, ketika penulis pegang mata pisaunya, teraba bila mata pisau sangat tajam.


.: KESIMPULAN :.

Jika anda mencari pisau untuk kegiatan outdoor maupun untuk sekedar kegiatan didapur hehehe, penulis katakan bahwa pisau ini VERY RECOMMENDED, tetapi karena harganya termasuk muahal, sebaiknya pisau ini cocok untuk koleksi ataupun untuk cindera mata hehehe..

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari pisau outdoor buatan tradisional luar negeri, baik untuk digunakan sendiri maupun untuk koleksi ataupun cindera mata..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar