Jumat, 17 Mei 2024

Unboxing dan Review Singkat Pisau Bowie Handmade

Tampilan Depan Kemasan Pisau Bowie Handmade
Tampilan Depan Kemasan Pisau Bowie Handmade
Ketika meilihat-lihat di Tokopedia, penulis tertarik dengan pisau sangkur handmade (kerajinan tangan) dari penjual bernama perkakas pertanian, karena penulis sempat mengirim pesan ke sang penjual menanyakan bahan baja apakah yang dipakai untuk membuat pisau ini, yakni dijawab "baja per sepuhan, kuat, bisa karat kalau tidak dirawat". Karena harga yang ditawarkan murah, yakni Rp. 121.500,- dan mendapat diskon menjadi Rp. 114.210,- saja. Langsung penulis pesan pada tanggal 13 Mei 2024 dan tiba ditangan penulis tanggal 17 Mei 2024. Mari kita ulas secara singkat saja pisau sangkur ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Kemasan Belakang Pisau Bowie Handmade
Tampilan Kemasan Belakang Pisau Bowie Handmade

Tampilan Isi Kemasan Tampak Depan Pisau Bowie Handmade
Tampilan Isi Kemasan Tampak Depan Pisau Bowie Handmade

Tampilan Isi Kemasan Tampak Depan Pisau Bowie Handmade
Tampilan Isi Kemasan Tampak Belakang Pisau Bowie Handmade
Pengemasan sangkur yang penulis terima ini ala kadarnya saja, sangkur dibalur minyak kemudian dibungkus plastik, bersama pisau kecil dimasukkan dalam sarungnya. Sarung bagian depan terbuat dari kulit sapi asli, sedangkan bagian belakang menggunakan bahan faux (kulit imitasi). Penulis temukan ada banyak minyak yang dioleskan ke pisau, ini menandakan kemungkinan besar pisau ini terbuat dari besi baja yang mudah berkarat apabila tidak dirawat dengan baik, yaitu dengan cara diolesi tipis minyak setelah digunakan sebelum disimpan.

Tampilan Kelurusan Bilah Pisau Bowie Handmade
Tampilan Kelurusan Bilah Pisau Bowie Handmade
Biasanya pisau buatan lokal "cacat"-nya adalah kurangnya presisi maupun kelurusan bilah pisau dari ujung mata pisau sampai ujung genggaman. Tetapi dari unit yang penulis terima, ternyata baik sangkur maupun pisau kecil sama-sama lurus dan full tang (besi utuh dari ujung mata pisau sampai ujung genggaman).

Tampilan Mata Pisau Besar Bowie Handmade Berukuran 17,7cm
Tampilan Mata Pisau Besar Bowie Handmade Berukuran 17,7cm

Tampilan Mata Pisau Kecil Bowie Handmade Berukuran 7,7cm
Tampilan Mata Pisau Kecil Bowie Handmade Berukuran 7,7cm
Mata pisau sangkur berukuran 17,7cm dan untuk mata pisau kecil berukuran 7,7cm. Waow, cocok untuk kegiatan outdoor maupun didapur hehehe..


.: PENGUJIAN :.

Tampilan Pisau Besar Bowie Handmade Dalam Genggaman
Tampilan Pisau Besar Bowie Handmade Dalam Genggaman

Tampilan Pisau Kecil Bowie Handmade Dalam Genggaman
Tampilan Pisau Kecil Bowie Handmade Dalam Genggaman
Sangkur penulis rasakan sangat pas digenggaman, sedangkan pisau kecil pas digenggaman dua atau tiga jari saja. Harap diperhatikan, pegangan pisau ini terbuat dari kayu yang dihaluskan, jadi kalau terkena air bisa dipastikan licin lho..

Penulis tidak melakukan pengujian itensif terhadap pisau ini, ketika penulis pegang mata pisaunya, teraba bila mata pisau sangat tajam.


.: KESIMPULAN :.

Jika anda mencari pisau untuk kegiatan outdoor maupun untuk sekedar kegiatan didapur hehehe, penulis katakan bahwa pisau ini VERY RECOMMENDED karena harganya yang termasuk murah dan kualitas pembuatan yang termasuk rapi. Lebih penting lagi adalah dengan membeli produk dalam negeri semakin mendorong industri dalam negeri menjadi semakin maju. Sebenarnya pisau buatan handmade negeri kita banyak dihargai bahkan dipuji oleh negara luar (terutama negara di benua Eropa), untuk masalah kualitas tergantung dari bahan baja yang digunakan.

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari pisau outdoor buatan tradisional dalam negeri dengan harga yang budget friendly..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar