Rabu, 22 Mei 2024

Unboxing dan Review Pisau Lipat Detective People

Tampilan Kemasan Detective People
Tampilan Kemasan Detective People
Hmm.., ada satu merek pisau lipat yang asing terdengar, yakni Detective People. Penulis menemukan pisau lipat ini di Tokopedia seharga Rp. 90.000,- dan lagi-lagi karena mendapat diskon, maka pisau lipat ini dapat penulis tebus seharga Rp. 70.000,- langsung saja penulis pesan pada tanggal 19 Mei 2024 dan tiba ditangan penulis tanggal 22 Mei 2024.

Penulis pun penasaran dan mencari tahu dari bahan besi baja apakah pisau lipat ini, tapi hasilnya tidak penulis temukan sama sekali di mbah Google (bahkan merek ini tidak ada hehehe). Dugaan liar penulis mungkin menggunakan bahan baja 2CR13 (baja racikan dari Cina) atau CrV (Chrome Vanadium), dikarenakan bahan inilah yang umum digunakan pada beberapa perkakas buatan Cina. Setelah pisau lipat ini tiba, langsung penulis cek dan buktikan sendiri bagaimana kualitas dari pisau lipat ini. Langsung saja kita ulas pisau lipat ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Isi Kemasan Detective People
Tampilan Isi Kemasan Detective People
Pisau lipat ini tidak dikemas, baik berupa kantong plastik ataupun kotak kemasan. Hanya murni pisau lipat dimasukkan ke sarungnya, that's all folks. Anehnya, kenapa sarung yang dikirmkan bergambarkan logo dan tulisan merek Gerber ya? Hmm.., sepertinya unit yang penulis terima mungkin stok terakhir sehingga sarungnya main comot saja dari merek lain.. Penulis tidak menemukan merek apapun dipisau lipat ini, karena produk OEM. Penulis berasumsi pasti produk ini buatan Grand Harvest Industrial karena banyak model OEM yang dibuat oleh perusahaan ini mirip dengan produk-produk dari HuohouNexTool, dsb. Pegangan pisau lipat ini terbuat dari besi dilapis plastik bemotif camo. Ketika pertama kali membuka, penulis temukan ada bekas minyak yang dioleskan ke pisau lipat untuk menjaga kelancaran dalam penggunaannya.

Tampilan Detective People Terlipat
Tampilan Detective People Terlipat

Tampilan Detective People Terbentang
Tampilan Detective People Terbentang
Ukuran pisau lipat bila terbentang sekitar 15,8cm, bila terlipat berukuran 10,4cm saja.

Tampilan Depan Detective People Ketika Tools Terbuka
Tampilan Depan Detective People Ketika Tools Terbuka

Tampilan Belakang Detective People Ketika Tools Terbuka
Tampilan Belakang Detective People Ketika Tools Terbuka

Tampilan Mekanisme Penguncian Tools Detective People
Tampilan Mekanisme Penguncian Tools Detective People
Penulis membuka semua tool yang ada dipisau lipat ini, terlihat mekanisme penguncian tool hanya menggunakan plat besi untuk menahan tool (sama seperti pisau lipat pada umumnya) ketika dibuka penuh agar tidak terlipat ketika sedang digunakan. Disetiap tool ada sedikit coakan (lubang) dimana mekanisme pengunci akan masuk kedalam coakan tersebut untuk menahan tool tetap terbuka ketika sedang digunakan. Jangan lupa untuk menekan tombol yang bergambar tiga ujung panah untuk menutup tool yang sedang terbuka.

Tampilan Kepala Tang Detective People
Tampilan Kepala Tang Detective People
Mata pemotong dikepala tang dipaten sehingga tidak mudah diganti-ganti. Sebenarnya bisa juga sih dimodifikasi sendiri dengan cara dibor dan dibuatkan dudukan untuk baur agar mata pemotong bisa diganti sendiri nantinya.

Tampilan Mata Pisau Detective People Berukuran 5,5cm
Tampilan Mata Pisau Detective People Berukuran 5,5cm


.: PENGUJIAN :.

Langsung saja penulis uji secara singkat ketajaman mata pisau lipat ini. Ketika digunakan untuk menyayat selembar kertas ATM dengan lembut dari pangkal mata pisau sampai ke ujung mata pisau, ternyata hanya mampu menyayat kertas sekitar 3mm-an saja! Kalau diberi sedikiit saja tenaga, barulah bisa menyayat kertas ATM sekitar 1,5cm-an.


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian singkat yang telah penulis lakukan, pisau lipat Detective People ini dapat penulis simpulkan bahwa pisau lipat ini RECOMMENDED untuk dibeli, dikarenakan kualitasnya termasuk bagus meskipun produk OEM dan harganya itu lho murah sekali. Pisau lipat ini bisa dijadikan alternatif bagi pisau lipat besutan Ganzo 2016 maupun Ganzo 2019, bedanya tidak mendapatkan bit set (kepala obeng).

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari pisau lipat murah dengan kualitas diatas harganya yang budget friendly..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar