Minggu, 19 Mei 2024

Unboxing dan Review Singkat Sangkur SS-1 Pindad Putih (KW)

Tampilan Depan Sangkur SS-1 Putih
Tampilan Depan Sangkur SS-1 Putih
Penulis sedang "memburu" sangkur SS-1 (Senapan Serbu 1) buatan Pindad yang original (keluaran pertama), karena sangkur ini menurut penulis pribadi kualitasnya sangat baik dan mungkin mendekati kualitas sangkur senapan M-16 original (buatan Colt Industries). Untuk mengobati masa "perburuan" ini, secara tidak sengaja muncul sangkur SS-1 ini yang berwarna putih (baik bilah maupun pegangannya) di Tokopedia seharga Rp. 90.000,- dan penulis mendapatkan diskon sehingga penulis mendapatkan sangkur ini seharga Rp. 70.700,-. Langsung saja penulis pesan tanggal 17 Mei 2024 dan tiba ditangan penulis tanggal 19 Mei 2024. Mari kita ulas secara singkat saja sangkur ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Belakang Sangkur SS-1 Putih
Tampilan Belakang Sangkur SS-1 Putih
Sangkur ini tidak dikemas, baik berupa kantong plastik ataupun kotak kemasan. Hanya murni sangkur dimasukkan ke sarungnya, that's all folks. Sangkur sepenuhnya terbuat dari logam sedangkan sarung dan pegangannya terbuat dari plastik berwarna putih.

Tampilan Depan Sangkur SS-1 Putih Terhunus
Tampilan Depan Sangkur SS-1 Putih Terhunus

Tampilan Belakang Sangkur SS-1 Putih Terhunus
Tampilan Belakang Sangkur SS-1 Putih Terhunus
Meskipun sama-sama handmade, bilah sangkur ini menurut penulis pribadi lebih rapi daripada sangkur SS-1 yang berwarna hitam lhoo...

Tampilan Bilah Sangkur SS-1 Putih
Tampilan Bilah Sangkur SS-1 Putih
Biasanya pisau buatan lokal "cacat"-nya adalah kurangnya presisi maupun kelurusan bilah pisau dari ujung mata pisau sampai ujung genggaman. Tetapi dari unit sangkur yang penulis terima, bilah sangkur lurus dan full tang (besi utuh dari ujung mata pisau sampai ujung genggaman).

Tampilan Pengait ke Senapan Sangkur SS-1 Putih
Tampilan Pengait ke Senapan Sangkur SS-1 Putih
Pada bagian pengait diujung pegangan terlihat kurang rapi dan kurang presisi dalam pembuatannya.

Tampilan Kait Laras dan Pegangan Senapan Sangkur SS-1 Putih
Tampilan Kait Laras dan Pegangan Senapan Sangkur SS-1 Putih
Sedangkan pada bagian lubang pengait untuk dilaras SS-1 juga terlihat kurang rapi dan kurang presisi dalam pembuatannya. Pegangan tangan pun kurang presisi, sehingga kedua belahan pegangan dari plastik ini tidak dapat menempel dengan rapi.


.: PENGUJIAN :.

Penulis tidak melakukan pengujian terhadap sangkur ini, karena secara bahan dan fisik tidak memungkinkan untuk diuji. Yang jelas, sangkur ini menggunakan bahan baja stainless steel bukan besi yang di-chrome, karena hal ini penulis buktikan sendiri dengan cara mengasah pisau ini menggunakan asahan pisau besutan merek BOLDë dan terlihat bekas asahan adalah stainless steel. Awalnya pisau ini tumpul, tetapi tetap dapat dipertajam sendiri menggunakan asahan.

Saran penulis pribadi, kalau mengasah sangkur ini agar tajam, gunakan gerinda atau asahan mesin. Apabila diasah sendiri menggunakan asahan BOLDë Super Sharpener 4in1, yang terjadi adalah mata sangkur akan cuil!


.: KESIMPULAN :.

Sangkur SS-1 putih ini adalah handmade dengan menggunakan bahan baja stainless steel bukan besi yang di-chrome. Jika anda mencari sangkur ini untuk hiasan/pajangan, penulis katakan bahwa pisau ini RECOMMENDED untuk dibeli daripada harus membeli sangkur SS-1 yang palsu dengan harga yang sama sedangkan kualitas pengerjaannya tidak sebagus sangkur ini.

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari sangkur hiasan/pajangan dengan kualitas diatas harganya yang budget friendly..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar