Minggu, 18 Agustus 2024

Unboxing dan Review Pemutar Musik TaffSTUDIO MP3 Digital Audio Player ZY418

Tampilan Kemasan TaffSTUDIO MP3 Digital Audio Player ZY418
Tampilan Kemasan TaffSTUDIO MP3 Digital Audio Player ZY418

Ditulis 6 Juni 2024:

Dulu sekitar tahun 2006-an, penulis pernah punya pemutar MP3 dengan layar LCD dan mampu memutar video berformat AMV (sebenarnya modifikasian dari format AVI) dengan kapasitas 1GB. Waktu itu harga pemutar MP3 tersebut sekitar Rp. 150.000,-an ditoko elektronik didaerah Glodok, Jakarta. Enaknya pemutar MP3 ini menggunakan baterai ponsel Nokia jenis BL-4C klo tidak salah. Sudah lama baru penulis sempat hidupkan lagi pemutar MP3 ini tapi sayangnya layar LCD nya sudah berubah menjadi warna kuning..

Sudah saatnya mencari pemutar MP3 pengganti, dan setelah melihat-lihat di Jakarta Notebook, pilihan penulis jatuh ke TaffSTUDIO MP3 Digital Audio Player ZY418 seharga Rp. 91.700,- dan langsung saja penulis sambangi toko offline-nya didaerah Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Penulis membeli pemutar MP3 ini pada tanggal 6 Juni 2024 dan penulis langsung menguji singkat siang ini. Langsung saja kita ulas pemutar MP3 ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Isi Kemasan TaffSTUDIO MP3 Digital Audio Player ZY418
Tampilan Isi Kemasan TaffSTUDIO MP3 Digital Audio Player ZY418
Pemutar musik ini dikemas sederhana untuk menekan biaya penjualan, yaitu: pemutar musik dibungkus pastik dof dan ditaruh ditatakan plastik bening, earphone dan kabel cas dibungkus plastik juga, lembar petunjuk penggunaan dan kartu garansi semuanya dimasukkan ke dalam kotak kemasan. Anehnya, dikotak kemasan tertulis merek ZYZV tetapi dipemutar musik tertulis taffSTUDIO. Hmm, bisa jadi taff memesan langsung ke produsen pemutar musik ini, jadi hanya menambahkan merek dipemutar musik.

Tampilan Belakang TaffSTUDIO MP3 Digital Audio Player ZY418
Tampilan Belakang TaffSTUDIO MP3 Digital Audio Player ZY418
Bagian belakang pemutar musik ini terdapat lubang speaker dan tulisan port yang ada dibagian samping kanan dan bawah pemutar musik ini, yakni: slot microSD, jack 3.5mm, saklar geser on off dan port micro USB untuk mengecas pemutar musik ini.


.: PENGUJIAN :.

Tampilan Layar Utama TaffSTUDIO MP3 Digital Audio Player ZY418
Tampilan Layar Utama TaffSTUDIO MP3 Digital Audio Player ZY418

Tampilan Screensaver TaffSTUDIO MP3 Digital Audio Player ZY418
Tampilan Screensaver TaffSTUDIO MP3 Digital Audio Player ZY418
Layar utama menampilkan menu icon sebanyak 3x3, untuk berpindah antar icon bisa menggunakan tombol M (atas), VOL (bawah), |<< (kiri) dan >>| (kanan). Untuk masuk ke salah satu icon, gunakan tombol >|| (oke). Kalau sudah berada didalam menu salah satu icon, maka tombol untuk berpindah antar sub-menu jadi berubah, tombol >>| (berikutnya), |<< (sebelumnya), VOL (kembali) dan >|| (oke).

Tampilan Informasi Perangkat TaffSTUDIO MP3 Digital Audio Player ZY418
Tampilan Informasi Perangkat TaffSTUDIO MP3 Digital Audio Player ZY418
Ketika melihat informasi mengenai pemutar musik ini, tertampilkan bahwa perangkat ini memiliki kode XYD5751.

Tampilan Pencarian Bluetooth di TaffSTUDIO MP3 Digital Audio Player ZY418
Tampilan Pencarian Bluetooth di TaffSTUDIO MP3 Digital Audio Player ZY418

Tampilan Perangkat Bluetooth Tersambung di TaffSTUDIO MP3 Digital Audio Player ZY418
Tampilan Perangkat Bluetooth Tersambung di TaffSTUDIO MP3 Digital Audio Player ZY418
Penulis mencoba menyambungkan pemutar musik ini ke perangkat TWS (True Wireless Stereo) menggunakan bluetooth dan proses deteksi dan penyambungannya cepat juga. Apabila bluetooth sekali dihidupkan setelannya, maka ketika pemutar musik ini dimatikan kemudian dinyalakan lagi maka bluetooth akan otomatis menyala juga dan langsung pairing dengan perangkat bluetooth yang sudah terhubungkan.

Tampilan Pemutar Musik di TaffSTUDIO MP3 Digital Audio Player ZY418
Tampilan Pemutar Musik di TaffSTUDIO MP3 Digital Audio Player ZY418

Tampilan Daftar Musik di TaffSTUDIO MP3 Digital Audio Player ZY418
Tampilan Daftar Musik di TaffSTUDIO MP3 Digital Audio Player ZY418
Suara yang dihasilkan oleh speaker perangkat ini lumayan kencang juga sih, secara default pemutar musik ini menyetel tingkatan suaranya diskala 10 dan maksimal 20. Untuk memunculkan pengaturan tingkatt suara, tekan dan tahan tombol VOL selama 1 detik, kemudian disebelah kanan layar akan muncul tanda pengaturannya, tekan >>| (menaikkan) dan |<< (menurunkan).

Sekilas tambahan, sebaiknya microSD yang akan digunakan selalu di-format menggunakan FAT32 dan ukuran cluster pakai default saja. Penulis mencoba menggunakan microSD berukuran 8GB dengan format FAT32 dan ukuran cluster 4k, maka pemutar musik ini akan HANG setelah dinyalakan! Penulis juga mencoba menggunakan microSD berukuran 32GB dengan format FAT32 dan ukuran cluster 32k dan pemutar musik ini fine-fine saja.

Penulis tidak menguji pemutaran video, karena tidak tahu format video apakah yang didukung oleh pemutar musik ini.


Pembaruan 18 Agustus 2024:

Ketika penulis mengisi microSD ukuran 32GB dengan berkas musik sampai tersisa 2MB saja, maka yang terjadi adalah pemutar musik TIDAK AKAN MAU MEMUTAR MUSIK! Kenapa begitu? Dikarenakan pemutar musik ini TIDAK BISA memperbarui daftar berkas musik (didalam folder \DBROOT pada microSD), jadi solusinya adalah sisakan ruang microSD sebesar kurang lebih 40MB.


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian singkat yang telah penulis lakukan, TaffSTUDIO MP3 Digital Audio Player ZY418 ini VERY RECOMMENDED untuk dibeli, dikarenakan harganya murah gak sampai 100rb-an, tetapi sudah mendukung pemutaran berkas musik video serta terdapat Bluetooth untuk mendengarkan musik secara wireless (tanpa kabel).

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari pemutar musik dengan kualitas diatas harganya yang budget friendly..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar