Kamis, 02 November 2023

Unboxing dan Review SSD V-GEN Platinum 512GB

Tampilan Kemasan SSD V-GEN Platinum 512GB
Tampilan Kemasan SSD V-GEN Platinum 512GB
Akhirnya kesampaian juga beli SSD murah untuk backup drive daripada pakai flashdisk yang notabene harganya lebih mahal dengan kapasitas yang sama tetapi berbeda daya tahan penyimpanan datanya. Ketika mencari SSD, penulis, menemukan beberapa merek yang harganya murah untuk kapasitas 512GB. Setelah penulis pertimbangkan dengan matang, akhirnya penulis putuskan untuk membeli SSD merek V-GEN Platinum 512GB karena mendapatkan harga yang sangat murah sih, yaitu Rp. 345.500,- pada waktu tulisan ini dibuat.

Kenapa penulis memilih merek V-GEN? Seingat penulis secara pribadi, V-GEN ini adalah merek dalam negeri yang telah lama ada, dulunya bersaing dengan merek dalam negeri juga, yaitu Visipro dijaman penulis masih SMU dan kuliah (1997-2005). Tetapi hanya V-GEN yang mampu bertahan dan berinovasi, salah satunya adalah mengeluarkan SSD. Mari kita ulas singkat tentang SSD V-GEN ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Kemasan SSD ini sangat sederhana, hampir mirip dengan kemasan flashdisk maupun memory card saat ini, yaitu hanya menggunakan blister pack dari kertas, hanya SSD saja yang dibungkus plastik.

Tampilan Hologram Jaminan Keaslian Produk V-GEN
Tampilan Hologram Jaminan Keaslian Produk V-GEN 

Tampilan Hologram Dibagian Depan SSD V-GEN Platinum 512GB
Tampilan Hologram Dibagian Depan SSD V-GEN Platinum 512GB

Tampilan Hologram Dibagian Belakang SSD V-GEN Platinum 512GB
Tampilan Hologram Dibagian Belakang SSD V-GEN Platinum 512GB
Untuk pengamanan produk asli, V-GEN menggunakan hologram sampai tiga buah lho! Yang pertama ada diujung kanan atas kemasan, kedua didepan SSD (ada nomor serinya juga) dan ketiga dibelakang SSD (ada tulisan Expire Date).

Ternyata distiker yang ditempel pada SSD tertulis Made in Korea, Packing in Indonesia. Jelas sudah, produk kalau buatan Korea sudah dapat dipastikan kualitasnya lebih baik daripada buatan China. Dan tentunya cocok juga untuk para fans Drakor, karena SSD ini buatan dari sana lho hehehe..


.: PENGUJIAN :.

Tampilan SSD V-GEN Platinum 512GB Didalam HDD Type-C Enclosure
Tampilan SSD V-GEN Platinum 512GB Didalam HDD Type-C Enclosure
Penulis menguji SSD ini menggunakan 2.5" HDD SATA Type-C External Case yang tanggal 31 Oktober 2023 sudah diulas. Langsung saja penulis masukkan SSD kedalam enclosure tersebut dan sambungkan ke komputer dengan OS Microsoft Windows 7 Ultimate 64-bit menggunakan kabel Type-C ponsel.

Tampilan HDD Enclosure SSD V-GEN Platinum 512GB Menggunakan Kabel USB Type-C
Tampilan HDD Enclosure SSD V-GEN Platinum 512GB Menggunakan Kabel USB Type-C

Tampilan SSD V-GEN Platinum 512GB Terdeteksi di OS Microsoft Windows 7 Ultimate
Tampilan SSD V-GEN Platinum 512GB Terdeteksi di OS Microsoft Windows 7 Ultimate
SSD ini terdeteksi sebagai V-GEN055 M23AR512INT 512G dan tidak langsung bisa digunakan lho! Kenapa begitu? Ternyata SSD ini unformatted dari pabrik sehingga harus dipartisi dan di-format secara manual.

Tampilan SSD V-GEN Platinum 512GB Terdeteksi Unformatted di Disk Management
Tampilan SSD V-GEN Platinum 512GB Terdeteksi Unformatted di Disk Management
Penulis mempartisi (menggunakan MBR agar dapat terbaca di OS lama) dan mem-format-nya menggunakan filesystem NTFS dengan ukuran cluster sebesar 4k (4096) agar lebih hemat dan efisien. 

Tampilan Kapasitas SSD V-GEN Platinum 512GB Setelah Di-format NTFS
Tampilan Kapasitas SSD V-GEN Platinum 512GB Setelah Di-format NTFS
Setelah itu penulis cek kapasitas SSD secara manual menggunakan perintah chkdsk dijendela command prompt dan hasilnya tertera seperti gambar diatas. Kalau dihitung secara manual, adalah sebagai berikut: kapasitas total 500.105.215KB x 1.024 Bytes = 512.107.740.160 Bytes alias 512GB. Jadi kapasitas ini bisa berbeda apabila SSD ini di-format menggunakan filesystem dan ukuran cluster lain.

Tampilan HDD Enclosure SSD V-GEN Platinum 512GB Tersambung di PC
Tampilan HDD Enclosure SSD V-GEN Platinum 512GB Tersambung di PC
Disini penulis tidak melakukan pengujian benchmark (unjuk kerja), karena hasil benchmark bisa anda cari di YouTube atau mbah Google. Karena penulis hanya melakukan pengujian secara singkat berkaitan dengan penggunaan SSD saja. 


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian singkat yang penulis lakukan sendiri serta hasil benchmark yang penulis dapatkan di YouTube maupun Google, dapat penulis simpulkan bahwa SSD ini RECOMMENDED untuk dibeli bila anda mencari SSD murah tetapi kualitas Drakor dan memiliki garansi resmi 3 tahun lho hehehe..

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi anda yang ingin berpindah menggunakan SSD dan tentunya para fans Drakor pastinya cocok dengan SSD V-GEN Platinum ini hehehehe.. Selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar